Lifestyle

5 Tipe Wanita yang Rentan Alami Kanker Payudara

kanker payudara

Ada beberapa tipe orang yang memiliki kemungkinan mengalami kanker payudara lebih besar dibanding orang lainnya. Hal ini patut jadi hal yang Anda ketahui, sehingga bisa mengambil langkah pencegahan untuk diri sendiri.

Tipe yang bagaimana yang beresiko besar alami kanker yang menakutkan tersebut? Berikut ini seperti dilansir dari laman Boldsky:

Payudara padat

Memiliki payudara padat di satu sisi menyenangkan bagi wanita, namun di sisi lain tidak. Anda bisa melakukan pemeriksaan kepadatan dengan mammogram sebab kadang secara kasat mata saja tidak bisa terdeteksi. Dari pemeriksaan, maka bisa dideteksi sel yang berbeda dari jaringan ikat dan jaringan lemak yang ada.

Pernah mengalami tumor payudara

Jika sebelumnya Anda pernah mengalami tumor payudara, maka resiko itu akan jauh lebih besar. Apalagi jika tipe tumornya adalah proliferatif. Anda dapat konsultasikan pada dokter tentang tipe tumor Anda.

Pernah mengalami LCIS

Ini juga salah satu tipe tumor payudara, yakni LCIS atau Lobular Carcinoma in Situ. Mantan penderita LCIS lebih mungkin mengalami kanker sampai 8-10 kali lipat.

Kadar androgen tinggi

Kadar hormon androgen yang tinggi di produksi dalam tubuh seorang wanita, membuat resiko ia mengalami kanker payudara jadi lebih tnggi.

Obesitas

Jika seorang wanita mengalami obesitas di usia menopause, maka ia lebih beresiko mengalami kanker itu. Sebabnya, lemak pada tubuh wanita memiliki kemampuan menghasilkan enzim yang disebut aromatase.

Enzim ini mengubah androgen menjadi estrogen, yang memicu naiknya resiko kanker payudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *