Tips

8 Teknik Menulis Berita Hari Ini Bergaya Feature secara Lengkap

Berita hari ini yang memuat gaya feature itu selalu disajikan dengan menghibur, ringan, dan menarik. Pada umumnya, berita dengan gaya ini menggunakan pendekatan story-telling, tapi tidak meniadakan argumen di dalamnya. Pembaca pun tidak perlu lagi berpikir keras untuk mencernanya. Kalau Anda ditugaskan bikin berita ini, simak 8 teknik penulisannya dulu.

  1. Wajib Menemukan Rangkaian Peristiwanya

Berita feature merupakan berita yang memuat rangkaian peristiwa. Sebelum ditulis, Anda harus tahu lebih dulu kronologi peristiwanya dari awal hingga selesai. Jadi, berita yang ditulis nantinya tidak melenceng dari sumber. Kemudian Anda harus menarik benang merahnya untuk membentuk alur berita yang baru dan biar terkesan unik.

  1. Tentukan Plotnya

Kalau sudah diketahui secara kronologisnya, baru tentukan plot. Fungsinya agar Anda lebih mudah saat menggarap beritanya nanti. Plot ini seringkali disalahartikan dengan kerangka. Padahal keduanya berbeda. Soalnya, plot lebih berhubungan dengan alur kisah yang dibuat sendiri, tapi masih berkaitan dengan rangkaian peristiwa yang sudah ditelusuri tadi.

  1. Cek dan Cek Kembali

Sebelum disajikan ke hadapan publik, berita feature yang sudah ditulis harus dicek kembali. Baca kembali ulasan maupun kronologi peristiwanya. Berita yang ditulis harus sesuai dengan peristiwa aslinya. Jadi tidak sekadar berargumen saja. Bahkan di dalam tulisan berita feature juga ada baiknya membubuhkan elemen fakta agar isinya bisa dipertanggung-jawabkan.

  1. Tentukan Sudut Pandang Beritanya

Kalau sudah menentukan plot, baru tentukan sudut pandangnya. Sudut pandang ini berkaitan dengan posisi penulis dalam berita yang ditulis. Apakah berada di sisi yang pro atau yang kontra. Tapi dalam berita hari ini yang bergaya feature tetap harus mempertimbangkan unsur permisi. Biar tidak terlalu vulgar dalam menyajikan argumennya.

  1. Lead Berita juga Harus Ditentukan

Lead berita sering disebut dengan teras. Kalau dalam bentuk fiksi, namanya opening. Ketika Anda berhasil membuat lead berita yang menarik, maka sudah pasti pembaca yang kebetulan melintas akan membaca keseluruhan isinya. Tapi pastikan antara lead dengan isi tidak menimbulkan jurang. Harus kompak dan klop.

  1. Struktur Berita Harus Diperhatikan

Baik antara argumen, data, teknik penulisan, hingga kesimpulan atas berita tersebut harus disajikan secara padu. Tidak boleh ada yang bergesekan satu sama lain. Jadi pembaca pun tidak akan merasa aneh setelah membacanya. Kalau Anda kurang bagus dalam penilaian atas tulisan sendiri, serahkan saja pada editornya biar dia yang memperbaikinya.

  1. Harus Ada Klimaks

Klimaks atau titik puncak dalam berita hari ini populer yang bergaya feature memang harus ada. Sama seperti titik puncak yang ada pada tulisan fiksi. Untuk membuat titik puncak memang harus dari yang rendah dulu. Jangan buru-buru berada di puncak saat masih awal-awal. Biasanya letak klimaks itu berada di bagian menjelang akhir.

  1. Menentukan Akhir Tulisan Berita Anda

Pastikan Anda membuat akhir tulisan yang membuat pembaca merasa tertarik untuk baca tulisan berita lainnya. Tidak harus tuntas. Soalnya kalau tuntas memerlukan tulisan yang panjang. Sedangkan berita feature itu bukan novel. Ada bagian lainnya. Nah, untuk memancing pembaca menyimak bagian lain itu, tulisan berita harus diakhiri dengan baik.

Kedelapan teknik menulis berita hari ini yang memuat feature tersebut adalah teknik dasarnya. Untuk teknik lanjutannya, tentu setiap penulis punya gaya sendiri-sendiri. Itulah yang membuat berita feature punya keunikan satu sama lain. Satu hal yang paling penting adalah tulisan Anda harus sesuai dengan gaya berita di media tempat Anda bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *