Travelling

9 Tips Agar Liburan Ke Jogja Berkesan Dan Menyenangkan

Suasana kota yang khas, penduduk yang ramah serta beragam objek wisata yang bisa dikunjungi adalah sebagian daya tarik yang dimiliki kota Yogyakarta. Siapapun yang pernah datang ke Jogja, pasti merindukan suasana kotanya. Ada saja hal-hal menarik dari Jogja yang bisa dijadikan alasan untuk datang kembali kesini.

Bagi kamu yang sedang ingin liburan ke Jogja, beberapa hal berikut ini bisa jadi referensi atau informasi tambahan untuk persiapan traveling atau berwisata nanti.

1.       Menginap Di Malioboro

Malioboro ibarat jantung kota Jogja. Disinilah para pengunjung atau wisatawan dapat merasakan bagaimana suasana kehidupan masyarakat setempat. Jika ingin lebih mengenal kehidupan kota Jogja, menginap di wilayah sekitar Malioboro adalah pilihan yang tepat. Ada banyak penginapan yang bisa dipilih, mulai dari hotel murah hingga bintang lima. Tinggal pilih sesuai keinginan dan isi kantong!

2.       Transportasi Umum Atau Sewa Mobil

Untuk memudahkan jalan-jalan saat liburan di Jogja, tentu perlu transportasi, tidak bisa mengandalkan jalan kaki terus kan?! So, tentukan dari awal, ingin menggunakan transportasi apa. Di Jogja sendiri, transportasi umum yang tersedia seperti Trans Jogja atau Bus Kota memang dapat diandalkan pada beberapa kesempatan. Namun, tentu saja tidak bisa selega ketika menggunakan mobil sendiri atau menyewa, karena memiliki jalur khusus. Pilihan alternatif lainnya yang bisa digunakan yaitu menggunakan jasa rental mobil Jogja , dengan begitu akan lebih mudah bepergian ke berbagai tempat. Ada banyak rental mobil yang tersedia di kota ini dan bisa dipesan dengan cepat dan mudah.

3.       Bawa Kompas

Seorang teman pernah bercerita pengalamannya saat berlibur di Jogja, suatu ketika ia bertanya kepada penduduk setempat mengenai arah jalan, teman saya yang terbiasa dengan petunjuk “kiri-kanan” mulai kebingungan ketika yang ditanya justru menggunakan arah mata angin seperti utara-barat sebagai petunjuk arah jalan. Well, hasilnya teman saya bukannya dapat petunjuk yang jelas melainkan tambah bingung. Ya, orang Jogja memang terbiasa menggunakan arah mata angin sebagai petunjuk jalan. Bagi yang masih awam dengan hal ini, sebaiknya bawa kompas saja sebagai petunjuk arah.

4.       Manjakan Lidah

Jangan cuma otak aja yang harus di-refresh, lidah juga dong! Saat berada di Jogja, setidaknya manjakan lidah dengan makanan khas setempat seperti Gudeg. Nikmati pula suasana makan yang berbeda dengan makan di angkringan. Ada beberapa tempat makan dengan menu khas yang sangat terkenal, nah kamu bisa menjajal makan disana supaya lidah kamu benar-benar mencicipi makanan dengan cita rasa yang nikmat.

5.       Sediakan Waktu Yang Cukup

Plisss..kalo mau puas jalan-jalan di Jogja, jangan liburan 1 atau 2 hari, dijamin ga bakalan cukup!!! Sediakan waktu liburan yang agak lama agar kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat yang ada di kota ini. Untuk memudahkan saat jalan-jalan, baik ketika kamu liburan seorang diri atau rombongan, kamu bisa sewa mobil Jogja . Jadi, kamu bisa menjelajah ke berbagai objek wisata menarik.

6.       Jalan kaki

Merasakan suasana kota dengan berjalan kaki, tentu berbeda ketimbang saat naik kendaraan seperti mobil atau bus. Ada banyak hal yang bisa kamu temukan dengan berjalan kaki menyusuri kota Jogja seperti pemandangan kebiasaan masyarakat Jogja, aneka jualan souvenir, lalu-lalang transportasi kota hingga leluasa mencicipi aneka jajanan pasar. Sangat menarik bukan?! Setidaknya rencanakan 1 hari khusus untuk berjalan kaki disekitar kota Jogja. Setelah itu, kamu bisa kembali menggunakan transportasi yang nyaman untuk bepergian. Jika ingin mendapatkan layanan sewa mobil selama di Jogja, kamu bisa mendapatkannya di OMOcars Jogja.

7.       Wisata Malam

Siapa bilang jika berwisata harus dilakukan saat pagi hingga sore saja? Wisata malam hari di Jogja justru sangat mengasikkan. Ada beberapa tempat di Jogja yang menarik dan seru dikunjungi saat malam hari seperti Tugu Jogja. Salah satu landmark kota yang ramai didatangi saat malam hari. Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan disini, seperti berfoto ria atau wisata kuliner.

8.       Oleh-oleh Batik

Kamu ingin membawa oleh-oleh berupa batik untuk keluarga atau teman? Tidak perlu repot mencari, kamu bisa mengunjungi Pasar Beringharjo. Disini ada banyak jenis pakaian batik yang bisa dipilih, selain banyak jenisnya, harga yang ditawarkan juga lumayan murah apalagi jika kamu beli dalam jumlah banyak. Tidak hanya bisa dapat oleh-oleh baju batik, mengunjungi Pasar Beringharjo juga dapat memberikan kamu pengalaman yang mengesankan karena suasana pasarnya sangat khas dan Jogja bangettt!!!

9.       Rasakan Hawa Pantai

Ke Jogja belum afdol kalo belum menjejak pantainya! So, setidaknya masukkan satu pantai ke list tempat wisata yang akan kamu kunjungi selama di Jogja. Pantai Prangtritis adalah yang paling banyak dijadikan tujuan wisata baik oleh turis lokal maupun mancanegara. Pantai ini memang ikonik karena selain pantainya yang eksotis juga terkenal mistis. Kamu bisa menikmati pemandangan laut sambil merasakan deburan ombak pantai, selain itu mencoba permainan sandboarding di gumuk pasir Parangkusumo juga tidak kalah seru. Untuk mencapai lokasi, biasanya memerlukan waktu sekitar 1 jam jika dari pusat kota Jogja. Apabila terkendala masalah transportasi, kamu bisa mencoba untuk menghubungi rental mobil yang ada di Jogja seperti OMOcars .

                Bagaimana… sudah siap ingin pergi liburan ke Jogja? Kapanpun kamu pergi liburan, pastikan segala keperluan sudah siap sehingga kegiatan wisata kamu dapat berjalan lancar tanpa hambatan. Happy Holiday!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *