Lifestyle

Cara Mempersiapkan Furnitur Sebelum Pindah Rumah

Jika Anda pindah rumah dan Anda memutuskan untuk pindah daripada mempekerjakan tukang pindahan profesional, atau jika jasa pindahan yang Anda gunakan tidak memberikan layanan penuh dan mengharuskan Anda untuk menyiapkan segala furnitur yang Anda miliki sebelum pihak mereka tiba dan siap membawanya ke rumah Anda yang baru, pastikan Anda tahu bagaimana menyiapkan perabotan sebelum pindah rumah sekaligus mencegah terjadinya cedera pada Anda saat mengangkat barang-barang yang cukup berat.

  • Ketahui Apa yang Harus Anda Pindahkan

Buat daftar inventaris barang yang Anda miliki, estimasi berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk membongkar dan mempersiapkan barang-barang tersebut, dan apa yang harus Anda persiapkan jauh-jauh hari sebelum kepindahan Anda, seperti misalnya apakah Anda perlu service sofa, membersihkan AC, atau yang lain sebagainya.

  • Ukur Pintu dan Lorong

Sebelum Anda mulai memindahkan perabotan dari rumah lama Anda, Anda perlu memastikan bahwa barang yang akan Anda angkut sesuai dengan ukuran pintu, lorong, atau tangga. Dengan pengukuran yang tepat, terkadang Anda bisa saja memindahkan perabotan-perabotan berukuran cukup besar tanpa haru membongkar setiap bagiannya satu persatu, tapi untuk furnitur yang terlampau besar, seperti kasur bufet, Anda mungkin perlu mempreteli setiap bagiannya sebelum bisa diangkut ke mobil pick up.

Begitu Anda tahu furnitur apa saja yang dapat diangkut secara keseluruhan, dan apa yang harus dibongkar bagian-bagiannya, langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan yang tepat.

  • Siapkan Peralatan yang Tepat

Pilih alat yang Anda perlukan untuk membongkar bagian kaki, atasan meja, pintu atau rangka. Siapkan pula kantong plastik atau sandwich bag berukuran cukup besar dan spidol permanen untuk menempatkan dan melabeli barang-barang berukuran kecil agar tidak tercecer dan bisa lebih mudah ditemukan. Untuk meja dan kaki meja atau potongan yang berharga atau rapuh, pastikan Anda memiliki lapisan pelindung untuk membungkus furnitur dan rekatkan dengan pita atau perekat yang baik.

  • Preteli bagian-bagian furnitur yang dapat dibongkar pasang

Siapkan furnitur-furnitur yang membutuhkan pembongkaran terlebih dahulu sebelum dapat dipindahkan. Pekerjaan ini akan memakan waktu paling lama, jadi sebaiknya lakukan jauh-jauh hari dan selama Anda masih merasa energik.

Lepaskan bagian-bagian furnitur yang bisa dilepas. Khususnya, kaki meja, atasan kaca, rak atau bingkai tempat tidur. Lakukan satu per satu pekerjaan tersebut, jangan lupa untuk menyimpan mur, baut, dan komponen-komponen berukuran kecil di kantong plastik. Tulislah di bagian luar plastik tersebut dengan spidol permanen.

  • Pastikan Tiada Bagian yang Hilang

Rekatkan semua bagian-bagian furnitur antar satu sama lain menjadi satu bagian. Pastikan Anda tidak merekatkan bagian-bagian tersebut di area yang mudah rusak saat perekat dilepas.

Jika sebuah furnitur memiliki banyak bagian, beri nomor bagian dari 1 sampat 5 atau seterusnya, dan gunakan stiker kecil dan taruh penomoran tersebut di bagian bawah. Jika memungkinkan, juga amankan buku instruksi perakitan yang disertakan dengan perabotan. Jika terlalu besar, pak buku tersebut di kotak terpisah dan tandai kotak dengan nama “instruksi manual untuk furnitur A”.

  • Kemas apapun yang bisa dikemas

Lepaskan bantal tidur maupun bantal sofa dan tempatkan bantal-bantal tersebut di sebuah plastik polybag yang besar. Kencangkan tas dengan baik. Pastikan tidak ada lubang. Tas ini bisa digunakan untuk melindungi barang-barang yang mudah rapuh dan rusak. Bungkus barang-barang dengan bubble wrap dan kencangkan dengan tali atau selotip. Jangan gunakan selotip secara langsung pada permukaan yang dicat.

  • Bungkus dan Lindungi Perabotan yang Rentan dan Berharga

Gunakan pelindung furnitur untuk keperluan pindahan yang bisa Anda sewa dari toko bangunan atau pada pihak di mana Anda menyewa truk pengangkut, dan bungkuslah di sekitar perabotan berharga Anda yang mudah rusak. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.