Lifestyle

Hati-Hati! Beberapa Kebiasaan Ini Membuat Milenial Jadi Mudah Boros

Beberapa tahun belakangan ini, dunia kerja didominasi oleh generasi milenial berusia produktif. Mungkin Anda yang sedang membaca tulisan ini adalah salah satu di antaranya. Generasi milenial dikenal dengan karakter pekerja keras, cerdik, dan peka terhadap perkembangan teknologi.

Sayangnya, generasi milenial juga dianggap lebih boros dibandingkan generasi pendahulunya. Beberapa kebiasaan ini rupanya membuat generasi milenial memang kerap hidup boros:

Hobi Traveling

Tak dapat dipungkiri jika mayoritas generasi milenial memang hobi traveling. Hal ini pula yang membuat potensi bisnis traveling jadi kian meningkat. Karena generasi milenial menganggap bahwa traveling ke luar kota atau luar negeri adalah hal yang penting. Walaupun Anda hobi traveling, jangan sampai hobi ini membuat pengeluaran Anda jadi sangat boros. Berusahalah menabung dalam jangka waktu tertentu untuk memenuhi keinginan traveling.

Gemar Nongkrong di Kafe

Pengeluaran untuk nongkrong di kafe mungkin sering dianggap kecil oleh generasi milenial. Padahal harga makanan dan minuman di kafe tentu jauh lebih mahal dibandingkan di tempat lainnya. Jika Anda meluangkan nongkrong satu hingga dua kali seminggu di kafe dengan total pengeluaran sampai ratusan ribu rupiah, tentu saja jumlahnya jadi lebih banyak bila dihitung per bulan. Alangkah lebih baik jika Anda mengurangi kebiasaan yang satu ini mulai sekarang.

Selalu Menginginkan Gadget Baru yang Canggih

Ingin membeli gadget baru yang canggih tentu sah-sah saja. Namun bukan berarti Anda harus sering-sering merogoh kocek demi mengganti gadget. Perkembangan teknologi tentu tak ada habisnya. Jadi, Anda yang harus lebih cermat mengatur kondisi finansial. Misalnya, dengan menetapkan target mengganti gadget paling cepat 2 tahun sekali.

Ingin Menggunakan Kendaraan Mewah

Memiliki kendaraan mewah bukanlah aset investasi. Karena kendaraan Anda akan terus mengalami penurunan nilai seiring dengan berjalannya waktu. Anda hanya perlu menggunakan kendaraan yang cukup untuk kebutuhan Anda. Jika menggunakan transportasi umum membuat Anda lebih jauh lebih hemat, maka lebih baik bila Anda mengandalkan transportasi umum.

Sebagai generasi milenial yang cerdas, Anda bisa memanfaatkan tabungan untuk memulai investasi syariah atau membuka deposito. Bunga deposito tertinggi yang Anda dapatkan akan meminimalkan pengaruh inflasi terhadap nilai uang Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengalokasikan tabungan untuk berinvestasi di Mekar.id. Melalui Mekar.id, dana Anda akan disalurkan sebagai pinjaman tambahan modal bagi pihak pengembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Nanti Anda bisa memperoleh keuntungan sesuai dengan kesepakatan yang sudah dilakukan.

Jadilah generasi milenial yang teliti mengelola kondisi finansial supaya Anda lekas mapan di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *