Tips

Ikuti Cara Pijat Bayi Berikut untuk Mendapat Manfaat Optimal

Banyak sekali manfaat pijat bayi yang bisa dirasakan utamanya untuk bayi serta orang tua. Berikut ini ada beberapa list cara pijat bayi yang tepat sehingga beragam manfaatnya bisa didapat secara optimal. Memijat bayi bisa meningkatkan bonding antara bayi dan orang tua serta bisa menjadi sebuah service yang menyenangkan serta menenangkan bagi bayi Anda.

1. Perhatikan Waktu Pijat Bayi yang Tepat

Banyak sekali manfaat pijat bayi yang bisa didapatkan, untuk itu tak ada salahnya bagi para orang tua untuk belajar melakukan pijat bayi secara mandiri di rumah masing-masing. Beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya yakni tentang kapan waktu memijat bayi yang paling tepat. Jika bisa luangkan waktu memijat dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Perhatikan pula untuk memberi jeda cukup panjang minimal tiga puluh menit antara terakhir kali bayi menyusu dan juga dilakukannya pijat bayi tersebut. Hal ini bertujuan agar bayi merasa lebih nyaman lantaran kondisi sistem cernanya telah lebih stabil dan siap untuk aktivitas pemijatan. Baiknya lakukan pemijatan menjelang bayi tidur atau beristirahat ya!

2. Pilih Perlengkapan Pijat Bayi yang Tepat

Saat melakukan pemijatan usahakan bayi merasa nyaman dengan alas yang dipakainya. Gunakan kain alas yang lembut dan juga empuk agar bayi merasa rileks saat dilakukan pemijatan. Paling penting pilih dan gunakan baby oil yang cocok untuk kulit bayi sehingga tidak berpotensi menimbulkan iritasi maupun ketidaknyamanan lain bagi kulit si kecil.

3. Perhatikan Suasana saat Dilakukan Pijat Bayi

Hal selanjutnya ini juga sangat penting diperhatikan demi menjaga kenyamanan bayi selama dipijat dengan lebih optimal. Aturlah pencahayaan dan juga suhu ruangan senyaman mungkin untuk si kecil. Cahaya redup dan juga suhu yang tak terlampau tinggi akan membantu menjaga bayi merasa sejuk. Putarkan musik lembut juga untuk kenyamanan yang maksimal.

4. Perhatikan Kontak dengan Si Kecil

Selama melakukan pijat bayi sebisa mungkin selalu jaga kontak dengan si kecil. Pandanglah matanya serta perhatikan responnya terhadap pijatan yang diberikan. Lanjutkan jika bayi merasa nyaman dan jangan pernah memaksakan jika bayi ternyata kurang bisa menikmatinya. Coba juga untuk berbicara secara pelan dan lembut demi tetap terhubung dengan bayi Anda.

Anda bisa belajar untuk memperhatikan serta menerapkan serangkaian cara di atas demi mendapatkan manfaat pemijatan bayi yang maksimal. Jangan lupa juga untuk  melakukannya secara rutin. Hal ini juga sekaligus bisa Anda gunakan sebagai salah  satu momen paling tepat untuk semakin intens dalam mengamati perkembangan bayi Anda secara lebih konsisten.

Mulai sekarang jangan sampai segan ya untuk menerapkan cara pijat bayi di atas secara rutin dan mandiri di rumah Anda. Para orang tua dijamin akan semakin terhubung erat dengan si kecil plus juga kesehatan fisik dan mental bayi pun akan meningkat lebih maksimal lagi pastinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.