Tips

Mengenal Lebih Dalam Tentang Beberapa Jenis Ban Tubles dan Ketahanannya

Kendaraan darat bisa dijalankan karena keberadaan sebuah roda atau yang dikenal sebagai ban, dimana bagian yang satu ini nantinya akan menopang secara keseluruhan body dari kendaraan. Semakin besar ukuran dari kendaraan tersebut, maka tidak bisa dipungkiri jika seandainya ukuran dari bannya juga tergolong besar. Bahkan bisa dikatakan semakin banyak ban yang disisipkan, contohnya saja dalah motor yang hanya membutuhkan 2 buah ban penopang, sedangkan untuk mobil paling tidak membutuhkan 4 buah ban. Jenis dari ban yang digunakan sendiri juga berbeda, mulai dari ban biasa sampai ada yang dinamakan sebagai ban tubles.

Konsumen tentunya harus paham akan hal yang satu ini, apalagi jika dilihat ban tergolong sebagai onderdil atau bagian dari kendaraan yang paling cepat pergantiannya, yaitu sering mendapatkan ganti dibandingkan dengan jenis onderdil yang lain, karena fungsinya yang digunakan sebagai penopang, bagaimanapun membuatnya mudah menipis dan pergesekan dengan berbagai macam kondisi jalanan sehingga sangat rentan mengalami kerusakan. Itulah mengapa pergesekan harus dilakukan secara rutin.

Jenis ban standard atau biasa ini agak berbeda dibandingkan dengan ban tubles, untuk mengenal lebih jauh mengenai ban jenis tubles ini sendiri, agaknya berikut ini ada beberapa hal yang wajib untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Tampilan luar, ban dengan adanya tube memiliki bentuk yang lebih kotak dibandingkan dengan ban biasanya, apalagi jika melihat dari alur atau desain permukaan luarnya memang sudah tidak lagi rata, melainkan dilengkapi dengan adanya benjolan kotak-kotak seperti sebuah tahu. Hal ini dipercaya untuk membuatnya jadi lebih stabil jika terkena berbagai macam goncangan, jadi aman dipakai di jalanan yang halus maupun terjal.
  2. Durasi pakai, ketahanan pemakaian dari model ban yang satu ini sebenarnya sangat bervariatif, diantaranya ada yang bisa dipakai sampai jangka waktu 2 tahun, jika pemakaiannya normal, artinya tidak digunakan setiap hari untuk menjelajah di area offroad, jika pemakaian terlalu sering biasanya jangka waktu pakai sampai dengan 1 tahun paling maksimal. Terbilang lebih lama dibandingkan dengan ban standard yang umumnya Anda gunakan bukan.
  3. Pemakaian untuk jalanan yang berair, salah satu hal yang membuat masyarakat mengganti ban biasa mereka dengan ban tube ini ketika memasuki musim hujan tak lain karena fiture khususnya. Dimana jika seandainya ban biasa akan terasa licin jika digunakan untuk melewati area yang basah atau berair, maka berbeda dengan jenis ban yang satu ini. Karena ia memberikan cengkraman yang lebih baik di media tempatnya berpijak, sehingga terasa lebih cakram dan pastinya juga aman dipakai menjelajah di jalanan yang tergenang oleh air, tanpa takut akan resiko kendaraan terpeleset.
  4. Ketahanan terhadap benturan benda tajam, banyak yang mengatakan jenis ban tube ini memiliki fiture anti bocor? Padahal sebenarnya tidak, sama dengan ban pada umumnya yang terbuat dari bahan karet resiko untuk bocor sudah pasti ada jika terkena benturan dengan benda tajam, bedanya adalah seri tube ini memang lebih tebal, sehingga tidak mudah bocor meskipun dipakai berkendara untuk waktu lama di medan terjal.

Jadi bagaimana, tertarik untuk menggunakan ban tubles tersebut setelah mengetahui bedanya dengan ban standard. Jenis ban yang satu ini pada dasarnya juga sangat mudah dijumpai di pasaran dengan harga sedikit lebih mahal dibandingkan ban biasa, namun sesuai dengan kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.