Lifestyle

Metode yang Digunakan Dalam Print Kain

Beberapa teknik atau metode digunakan untuk print kain, baik itu motif kain batik, seamless pattern atau motif lainnya. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa marketplace desain, ada baiknya mengetahui metode atau teknik cetak kain yang digunakan. Sehingga, Anda bisa menggambarkan bagaimana hasilnya sebelum menyerahkan urusan print kainnya. Inilah ulasan tentang metode pencetakan!

Metode Pencetakan

Tiga teknik yang berbeda lazim digunakan dalam mencetak warna pada kain: Langsung, Discharge dan Resist. Berikut detailnya!

Pencetakan Langsung

Metode yang pertama disebut dengan pencetakan langsung adalah pendekatan yang paling umum untuk menerapkan pola warna pada kain. Bisa dilakukan dengan warna putih atau kain berwarna. Jika dilakukan pada kain berwarna, itu dikenal sebagai overprinting. Pola  atau motif kain yang ingin  dihasilkan dengan mencantumkan pewarna pada kain dalam bentuk pasta.

Untuk menyiapkan pasta cetak, zat pengental ditambahkan ke air secukupnya dan pewarna sesuai takaran dilarutkan di dalamnya. Sebelumnya pati jagung lebih disukai sebagai bahan pengental untuk cetak kain katun. Saat ini alginat yang berasal dari rumput laut lebih disukai karena lebih mudah dicuci. Sebagian besar pencetakan pigmen dilakukan tanpa pengental sebagai pencampuran resin, pelarut dan air itu sendiri yang menghasilkan penebalan.

Discharge (Pencetakan debit)

Penjelasan paling sederhana? Discharge printing adalah produk berbasis air yang diformulasikan untuk menonaktifkan pewarna yang digunakan pada kain alami. Anda mungkin pernah melihat banyak kemeja dengan cetakan yang sangat lembut yang terlihat seperti warna katun alami, padahal itu adalah pencetakan debit. Discharge screen printing metode print kain dapat digunakan untuk mencetak warna pada pakaian gelap yang di masa lalu membutuhkan lapisan tambahan tinta putih untuk mencapai opacity warna atas yang tepat.

Resist Printing

Dalam teknik resist dyeing (merintang warna). Cat diaplikasikan pada kain dan kemudian dicelup. Pewarna hanya mempengaruhi bagian-bagian yang tidak tercakup dalam. Teknik ini dipakai karena bisa untuk beragam corak, baik itu seamless pattern, motif kain batik dan lainnya. penggunaannya dilakukan dengan rakel supaya zat pewarna keluar, lalu mewarnai kainnya.

Ada berbagai metode pencetakan di mana salah satu dari tiga teknik di atas digunakan yaitu Pencetakan Blok, Pencetakan Roller, Duplex Printing, Pencetakan Stensil, Screen Printing, Transfer Printing, Blotch Printing, Jet Spray Printing, Percetakan Elektrostatis, Pencetakan Foto, Pencetakan Diferensial , Warp Printing, Batik Dyeing, Tie Dyeing, Lukisan Airbrush (Spray) dan Digital printing.

Itulah teknik dan metode yang sering digunakan dalam print kain. Pengetahuan tersebut bisa menjadi panduan dalam memilih jasa cetak kain yang berkualitas. Bila masih awam dan belum berpengalaman, tapi ingin mempunyai baju dengan motif terbaik, Anda bisa menggunakan jasa Fullprint.di. Disana tersedia banyak macam jenis kain dan motif kain yang dapat Anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.