Tips

Solusi Tepat Mengatasi Masalah Lilitan Hutang

Salah satu permasalahan dalam hidup yang sering membuat seseorang menjadi stress berkepanjangan adalah hutang. Ya, banyak alasan yang bisa membuat seseorang tidak punya pilihan lain selain mengambil pinjaman hutang untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Mulai dari biaya untuk memulai usaha, biaya pendidikan, biaya rumah sakit, dan masih banyak lainnya. Jika Anda mengalami hal yang sama, maka jangan sampai lilitan hutang terutama yang hendak jatuh tempo membuat Anda hilang akal dan berputus asa. Terdapat beberapa referensi keuangan yang bisa Anda coba terapkan saat menghadapi permasalahan hutang sebagai berikut.

 

  • Menjual Barang Berharga

 

Cara paling cepat dan aman mendapatkan sejumlah uang untuk melunasi hutang dalam waktu cepat adalah dengan menjual barang berharga yang Anda miliki.Anda bisa mengumpulkan beberapa barang-barang yang sekiranya masih memiliki kondisi yang layak dengan nilai jual yang pantas. Contohnya, Anda bisa menjual kendaraan pribadi, barang elektronik, perhiasan, atau barang berharga lainnya yang bisa dijual dengan cepat dengan harga tinggi. Bahkan, barang-barang antik atau kuno bisa jadi menghasilkan lebih banyak uang ketika dilelang secara online, seperti mobil antik atau sejenisnya.

 

  • Menggadaikan Barang Berharga

 

Apabila Anda merasa sayang untuk menjual barang berharga yang dimiliki, maka Anda bisa memilih untuk menggadaikannya saja. Anda bisa memilih lembaga keuangan resmi dan terpercaya seperti Pegadaian. Keuntungan memanfaatkan jasa di Pegadaian adalah Anda bisa menggadaikan barang berharga Anda secara cepat dengan bunga yang terbilang rendah. Sistem gadai dirasakan lebih aman. Pegadaian bisa dikatakan seperti tempat penitipan barang berharga Anda dengan biaya jasa yang rendah. Anda akan diberikan uang sesuai dengan harga jual barang tersebut dengan kesempatan untuk mengambilnya kembali di kemudian hari dengan bunga yang lebih rendah. Tentu saja syaratnya Anda harus mengembalikan uang yang diberikan tersebut beserta bunganya yang kecil sebelum jangka waktunya berakhir.

 

  • Menjadikan Aset Berharga sebagai Agunan

 

Untuk menjamin bahwa Anda merupakan debitur yang kredibel, maka mengagunkan aset berharga sebagai jaminan penyelesaian hutang bisa dilakukan. Aset berharga ini bisa dalam bentuk rumah, mobil, emas, atau barang berharga lainnya yang Anda miliki. Namun, pastikan bahwa nilai aset tersebut sebanding dengan pinjaman atau hutang yang hendak Anda lunasi. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki tanggungan sebesar 100 juta rupiah saja, maka akan sangat tidak bijak untuk mengagunkan aset senilai di atas 500 juta. Akan lebih baik apabila Anda bisa mengagunkan koleksi emas atau mobil dengan harga yang tidak jauh berbeda dari hutang Anda.

 

  • Mengambil dari Tabungan atau Simpanan Lain

 

Apakah Anda tengah menabung untuk keperluan masa depan, seperti pernikahan, naik haji, atau sekedar tabungan yang memang Anda simpan dari waktu ke waktu? Mungkin Anda bisa mengorbankan tabungan Anda terlebih dahulu untuk melunasi hutang tersebut.Ingat, ambillah hanya sesuai dengan jumlah hutang yang Anda hendak bayarkan saja.Jangan ambil lebih karena tabungan tersebut yang menjamin Anda di kemudian hari untuk keadaan darurat lainnya. Cara ini akan menjadi alternatif yang lebih baik dibandingkan menumpuk hutang dan bunganya yang makin lama makin besar, bukan? Setelah hutang terlunasi, Anda bisa mulai menabung kembali untuk mengembalikan saldo tabungan Anda.

 

  • Meminta Perpanjangan Jangka Waktu Pinjaman

 

Apakah sebentar lagi waktu jatuh tempo pinjaman Anda akan segera berakhir? Atau, justru sudah lewat batas waktunya? Jangan patah semangat dan cobalah bertanya apakah ada kemungkinan bagi Anda untuk mendapatkan perpanjangan tenor pinjaman. Beberapa pemberi jasa pinjaman terkadang memahami kesulitan yang dialami debiturnya sehingga mereka akan berbaik hati bersedia untuk memberikan perpanjangan waktu.

Sebagai contoh, jika jangka waktu pinjaman Anda 1 tahun atau 12 bulan, maka buatlah permohonan untuk memperpanjang waktu pelunasan hingga mencapai 24 bulan berikutnya. Satu hal yang perlu dipastikan adalah perpanjangan waktu yang diberikan tidak diikuti dengan tingkat bunga yang baru bahkan lebih tinggi. Dengan begitu, Anda akan punya waktu lebih panjang untuk mencari uang penulasan tanpa perlu terbebani hutang baru.

 

  • Gali Lubang Tutup Lubang

 

Pepatah ini mungkin sering Anda dengan dalam kehidupan sehari-hari, bukan? Ya, pepatah “gali lubang tutup lubang” memang digunakan untuk menggambarkan kondisi seseorang yang membayar hutang dengan mengambil hutang di tempat lain. Namun, jangan sampai Anda menerapkan hal ini dengan cara yang salah.

Jika Anda hendak menerapkan cara gali lubang tutup lubang atau dikenal dengan istilah refinancing dalam kamus keuangan, maka ada syarat yang harus terpenuhi. Syarat tersebut adalah mengambil hutang atau pinjaman yang baru dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan hutang yang lama. Ya, langkah refinancing akan efektif dan tidak membebani debitur ketika jumlah tanggungan baru mereka tidak sebesar yang lama.

Sebagai contoh, cara refinancing yang paling aman adalah dengan meminjam kepada keluarga atau teman terdekat. Biasanya, sebagian besar dari mereka bahkan tidak akan membebani Anda dengan bunga sama sekali. Tentu saja, jika jumlah yang Anda pinjam terbilang sangat besar, Anda bisa menggunakan aset berharga Anda sebagai jaminan untuk menunjukkan keseriusan Anda untuk mengembalikan pinjaman tersebut di kemudian hari.

Cara lainnya, Anda bisa mengambil pinjaman tanpa agunan yang biasanya berbunga rendah untuk melunasi tagihan kartu kredit. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan perhitungan yang tepat agar hutang Anda bisa tertutupi sementara waktu dengan aman. Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk mengambil hutang konsolidasi. Cara ini merupakan bentuk pinjaman yang ditawarkan oleh kreditur dengan memberikan kesempatan debitur untuk mengambil pinjaman baru. Pinjaman baru ini memang dirancang untuk melunasi hutang debitur yang lama. Sebagai debitur, Anda perlu memastikan bahwa pinjaman baru yang ditawarkan tersebut memiliki jumlah yang ekonomis yang bisa Anda tanggung. Selalu tunjukkan bahwa Anda memiliki itikad yang baik untuk melunasinya hutang Anda tersebut.

 

  • Mencari Pinjaman Online Cepat

 

Jika Anda sedang dalam keadaan terdesak dan tidak memiliki agunan apapun yang bisa digunakan sebagai jaminan, maka pinjaman online sering dijadikan pilihan. Saat ini sudah banyak penyedia jasa pinjaman online yang memberikan syarat minimal hanya meliputi seperti kartu identitas, batas usia tertentu, batas gaji tertentu dan beberapa syarat lainnya, contohnya Dr Rupiah. Dalam waktu kurang 24 jam, Dr Rupiah akan mentransfer pinjaman tersebut ke rekening Anda. Namun, selalu pastikan bahwa pinjaman online yang Anda ambil tidak akan lebih membebani Anda lebih berat dibandingkan hutang sebelumnya.

Mengatur keuangan memang bukanlah hal yang mudah, terutama ketika berurusan dengan hutang. Anda bisa memilih salah satu cara di atas untuk bisa menutupi sementara hutang Anda yang hampir jatuh tempo. Namun, pilihanlah langkah yang Anda rasa paling bijak dan tidak akan membebani Anda lebih berat lagi dibandingkan hutang sebelumnya. Sebaiknya, Anda mencicil hutang Anda secara sedikit demi sedikit agar jumlahnya semakin berkurang.Jangan sampai ketika sudah jatuh tempo Anda kebingungan untuk melunasi hutang dengan jumlah yang sangat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *