Lifestyle

5 Bahan Ini Efektif Mengobati Rambut Kering dan Rusak

5 Bahan tak terduga yang ternyata efektif untuk mengobati rambut kering & rusak

Untuk urusan rambut kering dan rusak, bahan-bahan alami merupakan obat paling mujarab. Minyak kelapa, minyak zaitun, avokad, dan madu merupakan beberapa bahan yang paling direkomendasikan untuk mengatasinya. Namun masih ada beberapa obat alami buat rambut kering yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Karena kandungan pelembapnya yang sangat tinggi, keempat bahan ini bisa mengatasi rambut kering dan rusak sebaik kondisioner. Plus satu trik mudah untuk mengunci kelembapan pada batang rambut seperti di salon. Simak selengkapnya melalui uraian di bawah ini.

Mayones


Ilustrasi mayones ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Sunny Forest

Meskipun terdengar ganjil, mayones memang sudah lama menjadi bahan rumahan untuk mengatasi rambut kering bagi sejumlah wanita di barat. Bahkan selebriti dunia seperti Blake Lively dan Zoe Saldana pun masih menggunakannya.

Mayones mengandung semua bahan pelembap yang dibutuhkan untuk mengembalikan kesehatan batang rambut, antara lain minyak tumbuhan, kuning telur, dan lemon. Bahkan cuka yang terkandung di dalamnya pun baik untuk rambut.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup oleskan mayones pada batang rambut. Pilih mayones yang tidak ditambahi wasabi, bawang putih, atau cabai, ya. Diamkan selama 30 menit sampai 1 jam, kemudian keramas rambut seperti biasa.

Petroleum Jelly


Ilustrasi petroleum jelly rd.com

Petroleum jelly yang lebih kita kenal dengan nama vaseline dianggap sebagai solusi praktis untuk segala masalah kekeringan, mulai dari bibir pecah-pecah, telapak tangan mengelupas, hingga tumit kasar. Dan ternyata produk yang satu ini juga bisa digunakan untuk menghaluskan rambut.

Oleskan petroleum jelly pada ujung rambut yang terasa kasar. Selain merawat, produk ini juga bekerja sebagai leave-on conditioner yang bisa menjadikan rambut lebih rapi tanpa hairspray.

Gelatin


Ilustrasi gelatin © Boldsky

Gelatin merupakan sumber protein yang baik. Bisa difungsikan sebagai penguat dan penyubur untuk rambut rusak. Cara memanfaatkannya cukup dengan mencampur satu sendok makan gelatin dengan secangkir air hangat. Boleh juga ditambahkan beberapa tetes air jeruk nipis.

Usapkan ramuan gelatin pada rambut dan kulit kepala yang kering, kemudian diamkan selama 10-15 menit. Setelahnya bilas rambut dan kulit kepala dengan air hangat hingga benar-benar bersih.

Mentega


Ilustrasi mentega Shutterstock/Sea Wave

Mentega (butter) mengandung kebaikan lemak susu sapi. Jadi bisa digunakan untuk melembapkan rambut yang kering dan rusak. Cara menggunakannya sama seperti mayones. Oleskan mayones pada batang rambut, kemudian diamkan selama 30 menit sampai setengah jam sebelum dicuci dengan sampo.

Handuk


Ilustrasi handuk dari kaos © Breezy Tee

Tanpa menggunakan bahan-bahan di atas pun kamu masih bisa merawat rambut. Terutama jika kerusakan rambutmu tidak terlalu parah. Setelah keramas, bungkus rambut yang masih basah dengan handuk selama 1-2 jam. Setelah itu lepaskan handuk dan biarkan kering seperti biasa. Rambut akan terasa lebih lembut karena sudah menyerap sebagian besar air setelah keramas tadi.

Itulah beberapa bahan tak biasa yang ternyata berkhasiat untuk merawat rambut kering dan rusak.

Sumber: Reader’s Digest, Healthy Diet Base

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.