Lifestyle, Tips

5 Cara Belanja Aman Di Online Shop Tanpa Takut Kena Tipu

Punya pengalaman pahit saat belanja di online shop  ??? Duh pasti sedih banget dan mungkin aja membuat kamu kapok untuk belanja online lagi. Padahal, metode jual beli lewat online kini sudah jadi kebiasaan karena memberikan kemudahan tersendiri dan praktis. Jika kamu takut terkena tipu lagi, sebenarnya ada cara supaya terhindar dari penipuan mengatasnamakan online shop, salah satunya adalah dengan berbelanja di toko online atau marketplace terpercaya, aman dan sudah dikenal masyarakat luas, seperti contohnya Blibli.com

Selain berbelanja di toko online yang memang sudah diketahui statusnya baik dan bukan tipu-tipu, tindak penipuan juga bisa dicegah dengan beberapa cara berikut ini:

1. Download Aplikasi Resmi

Jika ingin mencoba berbelanja di e-commarce terpercaya dan terpopuler seperti Blibli, sebaiknya download aplikasinya terlebih dahulu melalui app store resmi. Aplikasi belanja Blibli bisa digunakan pada smartphone berbasis Android, iOS hingga windows. Jika aplikasi sudah terpasang pada smartphone atau gadget, aktivitas belanja online jadi lebih mudah dan menyenangkan. Cukup buat akun lalu pilih produk yang ingin dibeli. Lanjutkan langkah-langkah belanja hingga proses pembayaran, konfirmasi jika sudah melakukan pembayaran dan tinggal tunggu paket datang. Mudah dan efesien bukan?!

2. Ganti Password

Untuk menghindari pembajakan akun atau akun belanja Blibli kamu diutak-atik sama orang yang tidak bertanggung jawab, maka cara pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti password akun. Lakukan pergantian password sesekali atau sewaktu-waktu jika dirasa mulai tidak aman. Pastikan untuk menggunakan password yang mudah diingat. Mengganti pin atau password secara rutin ternyata cukup efektif mencegah terjadinya pembajakan akun, sebuah tindakanan kecil yang dapat berdampak besar bagi keamanan.

3. Gunakan Gadget Pribadi Saat Berbelanja

Jangan sesekali memakai gadget milik orang lain ketika tengah berbelanja di online shop, gunakan gadget pribadi agar lebih aman. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa mengatur pada mode Private Browsing atau menggunakan fitur Incognito Window saat sedang asik memilih produk belanjaan, pastinya dengan begitu aktifitas belanja kamu jadi lebih aman tanpa rasa was-was.

4. Ada Promo Diskon Tidak?

Kalau dipikir-pikir, mana ada sih tukang tipu yang mau memberi diskon atau potongan harga? yang ada justru mereka ga mau rugi dan maunya dapat untung. Nah, untuk itu perlu juga nih mengetahui pada toko online yang kita pilih, apakah berani memberikan diskon atau tidak? Biasanya untuk toko online yang asli atau marketplace besar, berani memberikan promo diskon. Jadi, cek dulu sebelum membeli. Jika ternyata barang yang kita beli pas lagi diskon, kan lumayan!

5. Simpan Bukti Pembayaran

Usai transaksi, biasanya kamu sebagai pembeli akan diminta untuk melakukan pembayaran. Jika pembayaran dilakukan via transfer, ada bukti berupa kertas pembayaran atau resi. Sebaiknya simpan resi ini dan juga bukti penting lainnya seperti pemberitahuan atau konfirmasi mengenai pesanan yang biasanya dikirimkan lewat email dan SMS. Jika terdapat percakapan lewat chat mengenai transaksi jual beli di online shop manapun, penting juga untuk menyimpannya sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi masalah yang memerlukan bukti.

Untuk pembelian produk apapun di Blibli biasanya selalu ada konfirmasi atau pemberitahuan yang dikirimkan melalui email sehingga pembeli bisa dengan mudah mengetahui status pesanan, misalnya dalam proses, dalam pengiriman hingga paket sudah diterima.

Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.