Lifestyle

5 Cara Bijak Mengolah Informasi dari Berita Politik Zaman Now

Politik dan pemerintahan sejatinya tercipta dengan tujuan mendamaikan dan memberikan naungan untuk kita semua. Tapi semakin ke sini, politik semakin membuat heran dan memunculkan beberapa kubu yang kemudian semakin memanas dan beradu. Bagi Anda yang tak mau ikut terbawa negative vibe dari politik, berikut cara bijak mengolah informasi dari berita politik zaman sekarang.

  1. Baca Berita Tanpa Membaca Komentar Nitizen

Kadang, yang salah itu bukan berita. Ya, berita politik tidak pernah salah. Media punya skill tersendiri untuk membuat berita dan menulisnya seadil mungkin. Namun, yang zaman sekarang ini memprihatinkan adalah komentar nyinyir dari nitizen-nitizen. Mereka berkomentar seolah-olah tahu segalanya.

Bertingkah seperti maha benar itu mereka tuangkan pada kolom komentar. Lalu, yang membaca bisa jadi ketularan. Ya bisa dibilang, kadang di kolom komentar lah ujaran kebencian itu disuarakan dan akhirnya berdampak buruk pada nitizen lainnya.

  1. Baca Berita yang Kredibel

Sumber Anda membaca berita politik harus sangat diperhatikan. Jangan membaca di situs sembarangan. Bacalah di situs yang terpercaya seperti OPINI.ID. Berhubungan pula dengan komentar yang tadi dibahas di nomor 1, di OPINI.ID, Anda bisa berkomentar dengan lebih elegan yakni dengan fitur khusus. Jauh dari yang namanya ujaran kebencian. OPINI.ID juga sangat terpercaya baik dari segi berita politiknya maupun berita-berita lainnya.

  1. Percaya bahwa Berbeda Tidak Berarti Bertengkar

Menjelang pilpres, pasti ada banyak sekali berita politik yang mengarah pada dua kubu. Namun, perbedaan pendapat sesama nitizen bukanlah hal yang harus dipersoalkan sampai panjang. Memang tidak bisa dihindarkan akan adanya nitizen yang sampai nyolot demi memilih pilihannya.

Jika Anda punya pendapat yang berbeda, maka simpanlah di dalam hati. Berusahalah menjadi orang yang bijak dengan tidak memaksakan orang lain untuk memilih pilihan yang sama seperti Anda. Begitu pula dengan berita yang beredar. Jangan langsung kalap dan jangan sampai hal tersebut membuat Anda emosi.

  1. Sesekali Bandingkanlah Berita Satu dengan yang Lainnya

Jika Anda mempunyai waktu lebih, cobalah untuk membandingkan berita yang satu dengan yang satunya lagi. Jadi, jangan terpaku pada satu saja informasi. Baca pula informasi dari beberapa sudut pandang atau beberapa wartawan yang berbeda. Cara ini juga sekaligus bisa melatih Anda untuk bisa berpikir kritis dan lebih bijak lagi dalam mengolah berita khususnya berita politik.

  1. Sesekali, Baca Berita Offline

Berita online memang sangat mudah untuk diakses, bisa dibaca di mana saja dan tidak memakan tempat. Tidak akan basah dan hilang begitu saja. Memang zaman sekarang, kita sudah harus terbiasa dengan segala macam inovasi dan kemajuan di bidang teknologi, namun, suatu waktu, kita memerlukan yang namanya berita politik offline alias koran. Mengapa harus demikian? Sebenarnya tidak harus, namun agar kita bisa lebih bijak dalam mengolah berita, sebaiknya lakukanlah hal ini sesekali.

Sejatinya, emosi dan segala macam perselisihan yang kita rasakan itu dipengaruhi oleh cara berpikir kita sendiri. Sebagai masyarakat 2019 yang sudah canggih dan lebih cerdas, Anda sudah seharusnya tidak menjadikan berita politik sebagai kambing hitam. Andalah yang seharusnya bertugas mengolah berita itu dengan sebaik-baiknya.

Terakhir, Anda yang ingin menambah wawasan, kami rekomendasikan situs OPINI.ID sebagai situs penyedia berita terpercaya dan sangat lengkap termasuk berita seputar pilpres yang sedang hangat.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.