Kesehatan

5 Cara Mudah Mencegah Gigitan Nyamuk pada Anak-anak

Sesuai laporan yang dikembangkan oleh WHO, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk menyumbang lebih dari 400.000 kematian per tahun, dimana sebagian besar adalah anak anak di bawah usia 5 tahun. Jumlah kematian (pada anak anak) karna disebabkan oleh nyamuk meningkat per hari dan membutuhkan perhatian. Gigitan nyamuk menyebabkan penyakit seperti demam berdarah, chikungunya, malaria, Zika, dll.

Biasa, yang mengigit manusia adalah nyamuk betina. Nyamuk betinamembutuhkan darah sebagai makanan untuk menghasilkan telurnya. Gigitan tersebut menyebabkan gatal, kemerahan, dan ketidaknyamanan.

Meskipun gigitan nyamuk dapat menyebabkan gejala kecil seperti kemerahan pada kulit, gatal, bengkak, dan rasa tidak nyaman yang terjadi setelah beberapa jam, dalam beberapa kasus gejalanya berlangsung lebih dari seminggu. Gejala yang memerlukan perhatian medis segera setelah gigitan nyamuk adalah mual, pusing, muntah, demam, masalah pernapasan, dan pembengkakan. Gigitan nyamuk dapat dicegah dengan trik sederhana dan mudah.

Usahakan menjaga jarak dari tempat berkembang biaknya nyamuk, seperti tempat sampah, makanan yang tidak tertutup, kebun, dan daerah dengan air yang tergenang. Gunakan kaus lengan panjang dan celana panjang jika Anda pergi ke tempat tempat di mana gigitan nyamuk tidak bisa dihindari. Lengan panjang akan melindungi Anda dari gigitan langsung.

Nyamuktertarik pada warna hitam, biru, dan merah. Untuk mencegah gigitan, gunakan pakaian berwarna terang dan yang terbuat dari kain tebal dan longgar karena memberikan perlindungan lebih dari pakaian ketat. Oleskan lotion nyamuk pada kulit untuk mencegah gigitan nyamuk.

DEET adalah bahan kimia yang paling banyak digunakan dalam semprotan karena sangat efektif dalam mencegah gigitan serangga. Hati hati dengan jumlah DEET (10 persen 30 persen) dalam semprotan dan hindari penyemprotan pada wajah. Hati hati dengan pemilihan produk yang cocok.

Nyamuk lebih aktif selama malam hari. Tetap di dalam rumah atau jika Anda berada di luar, gunakan trik pencegahan nyamuk seperti memakai baju lengan panjang untuk menghindari gigitannyamuk.

Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.