Lifestyle

5 Ciri Perkembangan Janin di Dalam Perut yang Sehat

Memiliki janin yang sehat merupakan goal semua ibu hamil. Namun janin tentu saja berbeda dengan bayi yang sudah lahir. Jika pada bayi, perkembangannya baik dalam hal fisik maupun mental gampang dipantau karena kita bisa langsung mengawasinya. Namun berbeda dengan janin yang hanya bisa dilihat sama-sama melalui USG. Namun tetap saja ada ciri-ciri perkembangan janin yang sempurna.

  1. Janin Aktif

Janin di dalam perut yang suka menendang bisa menjadi ciri pertama dan memang yang lebih penting daripada yang lainnya. Gerakan janin menandakan bahwa janin yang ada di dalam kandungan Anda adalah janin yang sehat. So, jangan mengeluh nih bagi kamu yang janinnya bergerak aktif.  Harusnya berbangga.

  1. Bunda Mengalami Morning Sickness

Tidak enak rasanya mengalami morning sickness. Bayangkan seorang wanita yang mengandung anak ini harus mual berat di pagi hari selama hamil-hamil muda?Pasti tidak mudah bukan? Namun ternyata, ibu hamil yang mengalami fenomena morning sickness ini malah harus berbangga karena hal ini merupakan pertanda selanjutnya kalau janin yang sedang kamu tumbuh  dengan sehat.

  1. Menjelang HPL, Posisi Janin Mungkin Saja Berubah

Janin yang sehat adalah janin yang aktif. Itu setara dengan penjelasan di nomor 1 di atas. Nah ciri ketiga ini masih seputar keaktifan bayi dan yang ini memang sudah banyak terjadi. Misalnya saja kamu memeriksakan kandunganmu pada usia kemahilan yang muda, posisi awal bagi mungkin normal saja semuanya. Namun, ingat, posisi janin bisa berubah ketika mendekati waktu kelahirannya. Hal ini adalah wajar malah menandakan bayi dalam kandunganmu benar-benar sehat.

  1. Ukuran Janin yang Bertambah

Kesehatan pada janin di dalam kandungan Anda juga sehat apabila ukuran dari janin tersebut terus saja bertambah. Untuk poin ke-4 ini kamu tentu tidak bisa mengeceknya sendiri. Ya, apalagi kalau bukan USG. Kamu perlu melakukannya untuk mengetahui yang sebenarnya nih. Ukuran janin juga susah untuk kita ukur sendiri melainkan harus melalui bantuan dari dokter ataupun perawat dan bidan.

  1. Janin Memiliki Detak Jantung yang Normal

Selanjutnya sekaligus ciri yang terakhir adalah dengan mendengarkan detak jantung si janin dalam kandungan. Untuk no 5 ini hampir mirip dengan nomor 4 di atas, yakni harus meminta bantuan dokter untuk mengetahuinya. Nah, dengan mengecek kehamilan Anda dengan teratur ke dokter kandungan, maka sang dokter sudah pasti langsung memberikan pendapat mengenai perkembangan janin yang sedang berada di dalam rahim sang ibu.

Lalu pertanyaannya, berapakah atau seberapa cepatnya kah jantung yang sehat itu berdetak? Sebenarnya untuk mengetahuinya tidak terlalu susah karena detak jantung si janin akan hampir sama dengan detak jantung sang ibu. Kalau itu terjadi, maka kamu bisa langsung menyimpulkan bahwa janin yang sedang kamu kandung tersebut adalah janin yang sehat tanpa kekurangan apapun.

Nah, itu dia 5 ciri perkembangan janin bagus dan sehat yang bisa dengan mudah dideteksi oleh sang ibu. Selain itu, ibu hamil diharapkan juga melakukan serangkaian pola hidup khusus ibu hamil seperti melakukan senam hamil, meminum susu khusus ibu hamil, menjaga dan mengatur asupan gizi dan vitamin di dalam tubuh agar bayi yang ada di dalam kandungan juga menjadi lebih sehat. Setelah si janin itu dilahirkan, jangan sampai kamu lupa memperhatikan kesehatannya pula.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.