Bisnis

5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Kasir Gratis Maupun Berbayar

Keberadaan aplikasi kasir untuk pebisnis sepertinya sudah jadi hal mutlak saat ini. Aplikasi ini akan membantu pebisnis dalam banyak hal seperti inventaris produk. Tenang, saat ini sudah cukup banyak aplikasi kasir gratis yang bisa Anda dapatkan. Namun sebelum itu, pastikan aplikasi tersebut memiliki fitur ini untuk memudahkan pekerjaan Anda, ya!

  1. Fitur Pelacak Inventaris Barang

Salah satu fitur yang wajib ada pada aplikasi kasir adalah fitur pelacak inventaris barang. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk melacak jumlah persediaan barang secara up to date. Jadi, Anda tak akan kehilangan pelanggan karena susah mencari stok barang karena sudah mengetahui apakah barang tersebut ada atau sedang kosong.

Dengan fitur ini pun, Anda bisa mencegah barang kosong dan bisa melakukan restock dengan cepat sebelum barang benar-benar habis. Jadi, Anda tak akan kehilangan pelanggan hanya karena produk yang dicari tak tersedia.

  1. Fitur Laporan Penjualan

Fitur lain yang harus ada pada aplikasi kasir adalah fitur laporan penjualan. Fitur yang satu ini wajib ada dan berguna agar Anda bisa mengetahui bagaimana perkembangan bisnis Anda secara real time dan mudah. Aplikasi ini harusnya mampu menyediakan laporan penjualan secara cepat bahkan dari cabang perusahaan Anda.

Tak hanya itu saja guna dari fitur ini. Anda juga bisa menentukan jenis produk yang akan dikembangkan selanjutnya karena menarik perhatian konsumen. Anda juga bisa mengatur bentuk laporan yang Anda butuhkan untuk keuangan secara berkala.

  1. Fitur Pengelolaan Pelanggan

Program aplikasi kasir harusnya juga memiliki fitur pengelolaan pelanggan. Jadi, setiap ada pengunjung yang membeli produk Anda, maka datanya akan dimasukkan ke dalam sistem. Hal ini bisa membantu Anda mengetahui riwayat transaksi pelanggan yang sudah membeli produk Anda.

Data yang ada untuk ini biasanya terdiri dari nama pelanggan, alamat pelanggan dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Untuk apa ini? Tentunya bisa memudahkan Anda bila si pelanggan melakukan pesan ulang terhadap barang yang sama dan Anda menyediakan jasa pengiriman juga untuk pembelian tersebut.

  1. Fitur Pemisahan Tagihan

Fitur lainnya yang wajib ada adalah pemisahan tagihan. Fitur yang satu ini berfungsi memisahkan tagihan antar satu pelanggan dengan pelanggan lain. Dengan begini, Anda bisa mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayarkan dengan lebih detail. Anda jadi bisa memeriksa tagihan pelanggan lebih cepat dan mudah dengan adanya fitur ini.

  1. Fitur Pilihan Metode Pembayaran

Di zaman teknologi ini, konsumen biasanya selalu menginginkan metode pembayaran yang mudah dan cepat. Bahkan, kebanyakan pembayaran yang dilakukan saat ini adalah jenis non tunai semisal kartu kredit dan kartu debit. Oleh sebab itulah, ada baiknya Anda sebagai pebisnis harus memiliki aplikasi kasir yang ada pilihan metode pembayarannya.

Pilihan metode pembayaran ini akan memudahkan konsumen. Dengan begitu, konsumen yang tak memiliki dana tunai cukup bisa tetap berbelanja di tempat Anda dan konsumen pun akan lebih tenang bertransaksi di tempat Anda. Ada baiknya, aplikasi kasir Anda juga terintegrasi dengan bank terkait agar lebih memudahkan Anda juga.

Nah, itulah beberapa fitur yang sebaiknya dimiliki oleh aplikasi kasir gratis yang Anda punya untuk memudahkan bisnis Anda. Dengan adanya aplikasi ini, Anda bisa lebih mudah dalam mendata barang Anda dan untuk mengambil langkah terbaik guna kemajuan bisnis. Tenang, Anda bisa mendapatkan aplikasi kasir terbaik di Pawoon dengan harga terbaik!

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.