Kuliner

5 Panganan Tradisional Pengganti Kue Ulang Tahun

Hari ulang tahun menjadi momen yang spesial bagi sebagian orang. Banyak orang menjadikan hari jadi ini sebagai kesempatan istimewa untuk berkumpul bersama orang terdekat. Bagi Anda yang ingin merayakan ulang tahun atau memberikan kejutan ulang tahun, bisa menggunakan alternatif panganan tradisional sebagai pengganti kue. Salah satunya ialah pesan nasi tumpeng. Berikut ini 5 panganan tradisional pengganti kue ulang tahun untuk hari spesial Anda.

  1. Nasi tumpeng

Nasi tumpeng merupakan nasi kuning berbentuk kerucut yang biasanya di tata di bagian tengah dan dikelilingi oleh lauk-pauk beragam. Mulai dari ayam, telur suwir, nasi kuning, perkedel, orek tempe, timun, tomat hingga sambal krecek atau sayur-sayuran. Biasanya nasi tumpeng dimakan untuk acara-acara syukuran.

Namun, panganan tradisional ini juga bisa digunakan sebagai hidangan alternatif untuk merayakan ulang tahun. Terlebih nasi tumpeng bisa dimakan oleh banyak orang karena ukurannya yang besar dengan lauk pauk lengkap.

Terlebih kini nasi tumpeng hadir dengan berbagai lauk pauk yang kekinian dan bahkan bisa request tulisan selamat ulang tahun di atasnya.Anda bisa memesan nasi tumpeng di Royal Tumpeng yang khusus membuat nasi tumpeng premium dengan harga terjangkau dan berbagai ukuran.

  1. Martabak manis

Martabak manis adalah jajanan yang terbuat dari adonan terigu, telur, gula yang dimasak setengah matang kemudian ditambahkan berbagai topping seperti coklat, keju, susu, buah-buahan hingga selai.

Jajanan ini bisa digunakan sebagai alternatif hidangan ulang tahun karena harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan di mana saja. Rasanya pun lezat dengan dominan manis serta guring sesuai topping yang dihidangkan.

Selain itu, Anda juga bisa meminta penjual martabak manis untuk menuliskan ucapan selamat ulang tahun di atasnya apabila Anda berniat untuk memberikan kejutan kepada orang terkasih.

  1. Kue mi goreng

Siapa yang tak menyukai mi goreng? Hidangan yang satu ini sangat digandrungi banyak orang dari segala usia, tua, muda, lansia, hingga anak-anak pasti mengenal dan menyukai makanan mi goreng ini.

Baru-baru ini, kue ulang tahun yang terbuat dari mi goreng menjadi perbincangan banyak orang karena keunikannya. Bahkan kini penjual mi goreng sudah menjamur dan banyak ditemukan di media sosial.

Namun, apabila Anda menginginkan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa membuat sendiri kue berbahan dasar mi ini. Caranya seperti membuat mi goreng instan pada umumnya, kemudian di cetak ke sebuah wadah atau loyang. Biasanya kue ini dilengkapi juga dengan nasi, dan lauk pauk lainnya seperti telur, ayam, timun, cabe dan tomat. Jangan lupa sajikan juga dengan kerupuk.

  1. Gudeg

Panganan selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai alternatif kue ulang tahun ialah gudeg. Makanan tradisional khas Yogyakarta ini cocok untuk Anda atau sahabat Anda yang menyukai makanan manis dan gurih.

Anda bisa memesan kemasan gudeg yang lebih besar atau menatanya sendiri menggunakan tampah dan loyang. Lengkapi gudeg tersebut dengan sambal krecek, ayam goreng, sayur buah nangka dan daun singkong, tahu dan tempe bacem, jangan lupa ucapan selamat ulang tahun di atasnya. Pasti sahabat, atau orang terdekatmu akan takjub dihadiahkan makanan favoritnya.

  1. Sushi

Sama halnya dengan pesan nasi tumpeng, makan tradisional khas Jepang ini juga bisa jadi salah satu alternatif untuk kue ulang tahun. Berbagai jenis sushi disusun sedemikian rupa hingga menyerupai kue ulang tahun. Kemudian berikan sentuhan lainnya menggunakan lilin atau kembang api agar suasana ulang tahunmu semakin ceria dan menyenangkan.

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.