Kesehatan

6 Makanan yang Lebih Sehat Jika Dikonsumsi Mentah, Apa Saja?

Umumnya sebagian besar orang akan memasak atau mengolah bahan masakan untuk mendapatkan citarasa yang lebih nikmat. Tapi tahukah kamu? jika ada beberapa bahan masakan atau makanan yang justru lebih sehat dan memberikan nutrisi yang lebih banyak untuk tubuh jika dikonsumsi secara mentah. Tauge biasa ditemukan dalam olahan masakan soto, rawon dan masih banyak lagi.

Tapi tahukah kamu jika tauge lebih baik dikonsumsi secara mentah. Tauge mentah memiliki kandungan 23 kal Energi, 2.9 gram protein, dan 15 miligram vitamin c. Selain itu masih ada kandungan magnesium, zat besi, dan asam amino yang baik untuk tubuh.

Brokoli merupakan sayuran yang memiliki aneka kandungan vitamin c dan kalsium yang tinggi. Selain itu, kandungan sulforaphane yang ada di brokoli memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Memasaknya dengan cara merebus tentu akan menghilangkan sekitar 70 persen kandungan sulforaphane yang ada di brokoli.

Mengonsumsi air kelapa muda di siang hari tentu sangat menyegarkan dan memiliki aneka khasiat yang baik untuk tubuh bahkan bisa membantu mengatasi dehidrasi. Namun, khasiat tersebut tidak bisa kamu dapatkan jika kelapa muda kamu masak terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Jika biasanya kacang kacangan dikonsumsi dengan cara dimasak atau direbus bahkan digoreng terlebih dahulu.

Namun, ada kacang kacangan yang bisa konsumsi mentah yaitu kacang almond atau mete. Karena kacang mete mentah ini memiliki kandungan berupa nutrisi vitamin B1, B2, B3, dan Vitamin C. Menurut National Institute of Health di Amerika Serikat, memasak paprika dengan suhu di atas 375 derajat justru akan menghilangkan seluruh kandungan Vitamin C yang ada di dalamnya.

Nah, akan sayang bukan kalau harus kehilangan kandungan baik dalam paprika. Apalagi vitamin C sangat baik untuk kekebalan tubuh. Apel adalah buah favoritnya hampir sebagian besar orang, terlebih bagi mereka yang ingin memiliki kulit wajah yang mulus.

Nah, karena banyaknya penggemar buah ini, maka munculah beragam olahan dari apel di antaranya olahan kue atau roti. Tapi tahukah kamu? mengonsumsi apel yang dimasak atau alam wujud olahan berupa kue atau roti ternyata bisa mengurangi kandungan vitamin apel tersebut.

Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.