Kesehatan

7 Manfaat Belimbing yang Jarang Diketahui, Cegah Rambut Kering hingga Perbaiki Kualitas Tidur

Tak disangka buah belimbing yang sering kita jumpai memiliki banyak manfaat. Buah berbentuk seperti bintang jika dipotong melintang ini memiliki perpaduan rasa manis dan asam. Daging buah belimbing sarat akan mineral, renyah, keras, dan sangat berair.

Buah belimbing terdiri dari 90% persen air dan mengandung asam fenolik (polifenol) dan asam oksalat dalam jumlah besar, dan sangat rendah gula. Kandungan gizi dalam buah belimbing membuatnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Indeks glikemik atau GI adalah ukuran seberapa cepat suatu makanan menyebabkan kadar gula darah kita naik.

Karena belimbing memiliki indeks glikemik rendah, perlahan lahan diserap dalam aliran darah dan dapat membantu mencegah perubahan suasana hati dan mengidam gula. Di sisi lain, makanan seperti roti putih dan nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi. Makanan makanan ini mudah dipecah dan dapat menyebabkan kadar gula dan insulin meningkat setelah makan.

Sejumlah besar serat yang hadir dalam belimbing merangsang gerakan peristaltik dan meningkatkan sekresi cairan di lambung. Sehingga mencegah sembelit, meredakan dengan pencernaan, dan melindungi tubuh dari kondisi yang lebih parah seperti kanker kolorektal. Satu cangkir belimbing mengandung 4 gram serat makanan.

Kaya akan air dan serat serta jumlah kalorinya yang rendah, belimbing dapat menjadi tambahan yang bagus dalam diet seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Buah itu akan memenuhi Anda, mengurangi keinginan Anda untuk makan, dan membuat Anda tetap sehat. Belimbing mengandung jumlah magnesium yang cukup, mineral yang dihubungkan untuk meningkatkan durasi, kualitas, dan ketenangan tidur.

Plus, itu juga membantu mengurangi terjadinya insomnia dan gangguan terkait tidur lainnya. Satu cangkir belimbing mengandung 76% dari kebutuhan harian vitamin C per cangkir. Vitamin C adalah antioksidan alami yang larut dalam air yang membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan menghilangkan radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh.

Karena potasium yang tinggi dan kandungan natrium yang rendah, belimbing dapat membantu pembuluh darah rileks dan menjaga tekanan darah yang tepat. Satu cangkir belimbing mengandung 176 miligram kalium, dibandingkan dengan hanya 2,6 miligram natrium. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dalam jumlah banyak yang mengandung belimbing juga dapat membuat dan memelihara kolagen.

Kolagen merupakan protein penting yang ditemukan di rambut dan kulit. Selain itu, ia juga memiliki jumlah vitamin A yang signifikan yang meningkatkan produksi sebum sehingga menjaga rambut tetap lembab. Berbagai manfaat tersebut dihasilkan oleh sejumlah kandungan gizi yang ada pada belimbing, antara lain:

Berikut adalah cara sederhana untuk mengkonsumsi belimbing: Cucibelimbing matang di bawah air. Buah matang harus berwarna kuning dengan hanya sedikit warna hijau.

Potong ujungnya dan iris. Buang bijinya sebelum makan. Anda bisa menambahkan buah ke dalam salad, hidangan segar, serta hidangan laut atau cangkang.

Buat jus dan minumlah minumannya. Anda juga bisa membuat jeli, selai, atau menggunakannya sebagai hiasan atau mengubahnya menjadi pai atau puding.

Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.