Tips

8 Pilihan Jurusan yang Bisa Kamu Pilih Ketika Kuliah di Ma’soem University

Biaya kuliah di Bandung sering kali menjadi salah satu topik perbincangan calon mahasiswa baru dalam menentukan Perguruan Tinggi yang akan dijadikan tempat lanjutan menuntut ilmu. Hal ini wajar, sebab setiap calon mahasiswa baru memiliki kondisi finansial yang berbeda-beda. Meski begitu tak perlu khawatir ya, sebab masih banyak universitas memberlakukan biaya terjangkau.

Salah satu universitas di Bandung yang bisa dijadikan pilihan adalah Ma’soem University. Dimana kampus ini dikenal dengan biaya kuliah yang terjangkau dan yang paling penting pilihan jurusan yang disediakan sangat lengkap.

Dibalik biaya kuliah yang diberikan, Ma’soem University juga memberikan calon mahasiswa baru beberapa jurusan atau bidang yang akan di dalami, informasi tersebut dibisa diakses melalui masoemuniversity.ac.id. Berikut adalah beberapa jurusan dari akademi yang bisa dipilih sesuai dengan bakat dan minat :

  1. Perbankan syariah

Dalam hal ini Ma’soem University akan mendidik mahasiswa menguasai hukum ekonomi syariah, hingga menciptakan lulusan yang mengetahui hukum ekonomi, pencatatan keuangan atau akuntansi perbankan. Dengan begitu diharapkan mampu terbiasa dengan pengolahan keuangan sekaligus mampu mengolah atau menggabungkannya dengan teknologi (IT), khususnya software untuk peningkatan layanan nasabah. Selain itu juga diadakan kerjasama dengan komunitas Masyarakat Ekonomi ASEAN sebagai usaha dalam pelatihan Akuntansi Syariah Aksioma yang berbasis web dan mobile.

  1. Sistem informasi

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mendapatkan spesialisasi menjadi database administrator, programmer (Desktop, web, dan mobile), online marketer, sistem informasi analisis hingga IT auditor serta masih banyak lagi. Selain itu, pendidikan yang akan diajarkan juga akan berstandar nasional dengan layanan pengabdian masyarakat secara profesional, sera melakukan kerjasama dengan lembaga/industri/perusahaan calon pengguna lulusan.

  1. Manajemen informatika

Jurusan ini adalah jurusan yang dirancang sebagai usaha untuk menyelenggarakan pendidikan berstandar nasional bidang manajemen informatika berbasis entrepreneurship melalui kemitraan dan jejaring nasional maupun global, menghasilkan lulusan dengan spesialisasi bidang teknologi informasi dan komunikasi. Kurikulum yang saat ini diterapkan meliputi uji praktek dan teori dengan prosentase yang berbeda. Selain itu, diberikan pula link dan match dengan perusahaan-perusahaan IT lainnya. Sehingga, mahasiswa memang sudah memiliki pengalaman untuk bekal di dunia kerja nanti.

  1. Komputerisasi Akuntansi

Dalam hal ini, pengaruh teknologi akan digabungkan dengan akuntansi. Sehingga, mix dari kedua bidang tersebut mampu menghasilkan lulusan tenaga spesialis komputer akuntansi. Oleh karena itu, disiapkanlah pelajaran sebagai pendukung, meliputi proses akuntasi, manajemen, bisnis, keuangan, perancangan sistem, sistem informasi hingga auditing. Tak heran jika jurusan ini adalah salah satu jurusan dengan jumlah peminat terbanyak.

Lulusan jurusan komputerisasi akuntansi diproyeksikan akan menekuni bidang spesialis komputer dengan tenaga keuangan berbasis ICT profesional, seperti :

  1. Akuntansi manajemen
  2. Pemeriksaan akuntansi
  3. Sistem informasi akuntansi
  4. Perpajakan
  5. Programmer
  6. System development

 

  1. Agribisnis

Pada jurusan kali ini, akan mempelajari pertanian dengan bisnis. Sehingga, jurusan ini akan terfokus pada bisnis atau manajemen yang bergerak dalam pertanian serta segala hal pendukungnya. Selain itu, jurusan ini akan mempelajari ilmu Soshum dan Saintek tentang budidaya, pengolahan hasil pertanian, manajemen usaha, kewirausahaan dan pemasaran produk. Sehingga, lulusannya tidak diragukan lagi dalam urusan pengolahan dan memanaj bisnis pertanian.

  1. Teknologi pangan

Jurusan ini akan mempelajari produksi makanan dan memastikan kualitas makanan yang akan dipasarkan. Dengan begitu nantinya mahasiswa diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dengan baik, yaitu penyediaan gizi yang seimbang. Sehingga, mahasiswanya akan mempelajari komponen kimiawi dan biologis dalam makanan.

Tidak hanya itu, jurusan ini juga mempelajari mengenai pengaruh terhadap aspek ekonomi, psikologi, dan kebudayaan. Oleh karena itu, jurusan ini juga akan menyediakan materi mengenai teknologi pengawetan, pemrosesan, pengemasan, hingga penyimpanan.

  1. Pendidikan bahasa Inggris

Jurusan pendidikan bahasa Inggris akan mencetak sarjana dengan penguasaan yang baik dalam bidang pengetahuan dan keterampilan bahasa Inggris. Karir atau profesi yang bisa digeluti saat lulus nanti antara lain :

  1. Guru bahasa Inggris di lembaga formal maupun kursus
  2. Peneliti pendidikan bahasa Inggris
  3. Konsultan pendidikan bahsa Inggris
  4. Entrepreneur dengan wawasan teknologi yang luas.

 

  1. Bimbingan dan Konseling

Keahlian khusus atau sertifikasi yang ditawarkan dari jurusan ini adalah expressive art therapy, cognitive behavior therapy, solution brief therapy, impact therapy, hynotherapy serta applied behavior therapy dengan lima spesialisasi khusus, mulai dari tenaga pendidik hingga entrepreneur.

Dari delapan jurusan tersebut, Ma’soem University bisa kamu dijadikan salah satu referensi dalam pemilihan perguruan tinggi yang tak hanya ingin fokus ke teknologi saja, melainkan juga bidang lain. Biaya kuliah di Bandung juga masih terbilang terjangkau, jadi ini tidak akan memberatkan kamu ketika menjalani proses pendidikan di sana. Apabila kamu ingin berkunjung langsung ke salah satu universitas di Bandung ini, kamu bisa datang ke alamat Jln. Raya Cipacing No.22 Jatinangor 45363 Jawa Barat.

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.