Kesehatan

Anak Cacingan? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Masalah kesehatan pada anak memang harus diperhatikan karena erat kaitannya dengan masa pertumbuhan dan perkembangannya. Cacingan adalah salah satu kasus yang rentan menyerang balita dan mengganggu sistem pencernaannya. Rasa gatal yang dialami juga menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitasnya. Karenanya, ketahui penyebabnya dan segera atasi.

Penyebab Cacingan pada Anak

Rasa tidak nyaman pasti dialami ketika menderita cacingan. Rasa gatal di sekitar anus dan susah tidur pasti dialami akibat kasus tersebut. Lalu, bagaimana ketika kasus tersebut menyerang anak? Ketika mengalami cacingan, pasti anak sangat tidak nyaman dan banyak mengeluh. Sebenarnya, kasus ini banyak faktor penyebabnya dan semuanya harus diketahui untuk menghindarinya.

Kurang menjaga kebersihan menjadi faktor utama mengapa anak bisa mengalami kasus yang menyerang sistem pencernaan ini. Pada umumnya, anak-anak sangat suka bermain tanah ataupun menjelajah ke berbagai tempat bersama teman-temannya. Lingkungan yang kotor bukan tidak mungkin menjadi sasarannya dalam bermain bersama.

Saat bermain tanah, tangan anak menjadi kotor karena berbagai macam bakteri, termasuk telur cacing tanah. Sering bermain di lingkungan kotor juga dapat menyebabkan menempelnya telur cacing di tangan atau kaki si kecil. Jika tidak mencuci tangan dan kaki dengan bersih, telur cacing tersebut masih menempel, masuk lewat makanan, dan berkembang jadi cacing di dalam perut.

Perkembangbiakan cacing ini juga dimulai dari faktor makanan. Ketika anak jajan sembarangan, maka belum tentu makanan itu higienis, terlebih jika jajan di tempat terbuka. Terpaan debu dan hinggapan lalat bisa jadi bercampur dengan telur cacing. Makanan yang cara memasaknya tidak sehat juga menjadi faktor masuknya telur cacing dari makanan yang dikonsumsi.

Mengonsumsi daging belum matang juga menjadi faktor cacingan karena daging tersebut bisa mengandung cacing pita. Apabila tidak dimasak sampai matang, maka cacing beserta telurnya tersebut tidak akan mati. Jika dimakan dan masuk ke tubuh manusia, maka cacing tersebut akan berkembang biak dan telurnya akan menetas di dalam perut.

Cara Mengatasi Cacingan pada Anak

Hidup sehat memang tidak mudah, tetapi sangat diperlukan demi menjaga kenyamanan tubuh saat melakukan berbagai aktivitas. Kesehatan juga mendukung fungsi tubuh berjalan dengan baik. Karenanya, Anda harus mengatasi berbagai keluhan cacingan pada anak sesegera mungkin agar kesehatannya kembali membaik dan tidak mengancam tumbuh kembangnya.

Cara mengatasi kasus tersebut adalah berupa menghindari semua faktor penyebabnya yang sudah diutarakan di atas. Anda dapat membiasakan pola hidup sehat pada anak. Usahakan untuk menjaga kebersihan diri anak dengan melatihnya untuk selalu membersihkan tangan dan kaki usai bermain dengan sabun dan antiseptik. Hal ini diperlukan agar tidak ada telur cacing yang menempel.

Potong juga kuku anak dan jangan biarkan terlalu panjang agar tidak menjadi sarang kotoran. Kuku yang panjang semakin berpotensi menjadi sarang kotoran, terlebih pada anak. Jangan lupa untuk memantau dan mengingatkan anak agar selalu mengenakan alas kaki saat bermain.

Cara berikutnya adalah selalu menjaga kebersihan makanan dan alat makan minum. Anda harus mengolah makanan dengan sehat dan memasaknya hingga benar-benar matang guna membunuh semua kuman, bakteri, termasuk telur cacing. Semua peralatan makan dan minum juga harus dicuci dengan sabun hingga benar-benar bersih dan meletakkannya di tempat yang bersih.

Yang terpenting, berilah anak arahan dan penjelasan untuk membeli makanan di tempat yang bersih. Perhatikan juga jenis makanan dan minuman yang akan dikonsumsi agar lebih terjamin kebersihannya. Alangkah baiknya, berikan bekal makanan untuk anak agar tidak jajan sembarangan di luar sana.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan dalam mengatasi cacingan pada anak secara efektif. Persoalan tersebut memang harus segera ditangani agar tidak mengganggu sistem pencernaan dan tumbuh kembang anak. Jangan sampai anak tidak sehat karena kasus yang serius ini. Karenanya, sangat tepat jika cara mengatasinya adalah dengan menghindari faktor penyebabnya.

Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.