Tips

Cara Bayar Pajak di Samolnas dan 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Saat ini Anda mungkin sudah merasakan berbagai macam kemudahan dalam hal pembayaran, termasuk juga ketika membayar pajak. Pasalnya kini bayar pajak kendaraan bisa dilakukan secara online lewat aplikasi Samolnas. Anda pun tidak perlu lagi merasa kerepotan harus antre berlama-lama dan panjang untuk bayar pajak. Berikut cara bayar pajak online lewat aplikasi.

  1. Unduh Aplikasi Samolnas dan Lakukan Pendaftaran

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi samolnas pada play store atau app store yang ada di ponsel Anda. Jika Anda tidak memiliki aplikasi maka pembayaran tidak bisa dilakukan.  Ketika aplikasi sudah berhasil diunduh maka segera daftarkan diri.

  1. Isi Data

Sama halnya dengan sistem pembayaran online lainnya, tahap kedua setelah melakukan pendaftaran dan unduh aplikasi adalah mengisi data diri dengan keadaan secara benar. Baik itu nama atau hal lainnya yang dibutuhkan dalam pengisian. Biasanya data yang diisi adalah nomor polisi, Nomor Induk Kependudukan dan juga 5 digit dari nomor rangka terakhir kendaraan.

  1. Lakukan Pembayaran

Setelah Anda melakukan pengisian data sesuai dengan kolom perintah, selanjutnya akan muncul bagian kode bayar. Kode ini akan digunakan untuk melakukan pembayaran dimana hanya berlaku selama 2 jam saja.

Pembayaran sendiri bisa dilakukan lewat pembayaran bank ataupun modern channel. Pembayaran di sini mungkin saja akan dikenakan biaya administrasi perbankan yakni sebanyak Rp. 5.000.

  1. E-TBPKB dan E-pengesahan STNK

Bagian E-TBPKB dan E-pengesahan STNK akan berlaku selama 30 hari, Anda pun dapat melakukan permohonan TBPKB atau SKPD stiker pengesahan STNK yang mana dikirim melalui ekspedisi menuju alamat yang mana sesuai dengan alamat yang ada pada STNK.

Di atas adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pembayaran STNK melalui aplikasi. Agar pembayaran semakin lancar sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal wajib yang ada di bawah ini.

  1. Layanan Aplikasi

Sistem aplikasi ini hanya melayani untuk beberapa pembayaran misalnya saja seperti pajak kendaraan bermotor, SWKLLJ dan juga pengesahan STNK Elektronik berbagai macam kendaraan baik itu kendaraan bermotor maupun mobil penumpang dan sepeda motor dimana milik perseorangan.

  1. Data Kendaraan Sesuai dengan Identitas NIK

Data kendaraan yang ditampilkan pada aplikasi adalah data bermotor yang mana sesuai dengan identitas pada NIK. Kendaraan ini juga tidak dalam keadaan terblokir, dan tidak sedang berada pada masalah perdata maupun perdata.

  1. Pembayaran Dilakukan 2 Bulan Sebelum Jatuh Tempo

Bagian pembayaran pajak kendaraan bermotor dan SWDKLLJ yang dilakukan lewat aplikasi satu ini biasanya bisa dilakukan selama tiga bulan sebelum jatuh tempo. Jadi sebaiknya Anda lakukan pembayaran segera agar tidak melewati jatuh tempo.

  1. Pengiriman Lewat Jasa Ekspedisi

Stiker regident untuk pengesahan STNK tahunan serta juga TBPKB nantinya akan dikirimkan petugas dari Samsat lewat jasa pengiriman atau ekspedisi ke alamat yang tertera dalam STNK. Bagaimana terasa semakin mudah bukan? Anda hanya perlu menunggu di rumah saja.

  1. Menempelkan Stiker Pengesahan

Bagi wajib pajak jika sudah menerima striker regident sebagai pengesahan STNK tahunan dan juga TNKB maka stiker regident sebagai pengesahan STNK tahunan tersebut harap ditempelkan di kolom STNK yang mana sesuai dengan tahun pengesahannya.

Nah di atas adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda menggunakan aplikasi Samolnas. Selain itu juga ada cara untuk melakukan pembayaran pajak kendaran melalui aplikasi.

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.