Tips

Cara Berbicara Lancar Dengan Bahasa Inggris

Berpikir dalam bahasa asing sangat penting. Ini meningkatkan kelancaran dan memungkinkan kamu terhubung dengan orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda. Kamu tidak perlu harus pindah ke negara berbahasa Inggris tetapi menempatkan pikiranmu dalam mode “English only” pasti akan membantu.

Berikut beberapa tips:

  1. Jangan menggunakan kamus dwibahasa. Menghabiskan waktu berjam-jam mencari kata-kata dan definisi dalam kamus yang hanya berbahasa Inggris. Akan lebih baik menggunakan kamus kertas karena membantu menghafal kata-kata yang lebih baik. Ketika kamu mencari kata, membalik halaman demi halaman, kamu secara alami mengulanginya di kepala kamu. Pada saat kamu menemukan artinya, kamu mengingat kata itu.
  2. Pelajari kosakata dalam frasa, bukan kata tunggal. Otak kita adalah mesin pencocokan pola yang mengingat berbagai hal yang dimasukkan ke dalam konteks. Jika tidak dapat memberikan contoh konteks, periksalah Kamus Cambridge Advanced Learner atau google.
  3. Mulai gunakan kosa kata sesegera mungkin. Jangan pernah berhenti berbicara sampai bahasamu sempurna, kamu akan menunggu lama! Ingat latihan membuat sempurna. 
  4. Bicaralah dengan dirimu sendiri dalam bahasa Inggris. Ketika belajar bahasa Inggris cobalah memulai dari materi conversation untuk pemula dan jelaskan kepada diri sendiri apa pun yang terjadi saat itu. Ini memberimu latihan ekstra sebelum mulai menjelaskan hal-hal kepada orang lain.
  5. Dapatkan teman atau mitra berbahasa Inggris. Itu selalu lebih mudah untuk meningkatkan bahasa Inggris dengan teman terutama jika dia adalah penutur asli. Mengikuti les bahasa inggris akan membiasakan kamu dengan tata bahasa, tulisan, pelafalan, bahkan percakapan dalam bahasa inggris dengan bantuan tutor. Selain dapat bertanya pada native speaker, kamu juga akan terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian.  

Tantangan terbesar adalah berurusan dengan frustrasi yang timbul karena tidak mampu mengekspresikan dirimu sepenuhnya. Kuncinya adalah berpikir positif dan tetap termotivasi!

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.