Kesehatan

Cegah Anemia Dengan Mengonsumsi Beberapa Jenis Makanan Ini

Adanya penurunan sel darah merah dalam tubuh, bisa jadikan bahwa seseorang kekurangan zat besi. Dengan kekurangan zat besi, tentu saja tubuh kita tidak dapat memproduksi cukup sel darah merah (hemoglobin). Padahal, sel darah merah ini memiliki peranan yang sangat penting  dalam membawa oksigen ke jaringan tubuh. Alhasil, tubuh kita pun menjadi mudah lelah, letih, lesu, yang disertai dengan sakit kepala hingga sesak nafas. 

Menurut informasi yang didapat, ada 2 bentuk zat besi yang diserap oleh tubuh dari makanan yang kita makan. Bentuk yang bernama adalah Heme, yang umumnya terapat dalam bahan makanan hewani seperti daging unggas, daging merah sapi, dan daging ikan. Bentuk yang kedua adalah Non-Heme, yang terdapat pada makanan nabati seperti kentang, sayuran berdaun hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan. 

Zat besi bentuk Heme lebih mudah diserap oleh tubuh, ketimbang zat besi yang berbentuk Non-Heme. Bahkan, penyerapannya juga akan lebih muda apabila makanan yang mengandung zat besi dibarengi dengan vitamin C seperti buah-buahan dan sayuran. Nah, agar tubuh tidak kekurangan darah, maka sudah semestinya bagi kita untuk mengonsumsi makanan-makanan yang dapat menambah darah. Lalu, makanan penambah darah yang dimaksud itu seperti apa sih? 

  1. Daging Merah

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa daging merah seperti sapi merupakan salah satu jenis makanan yang dapat menambah darah. Ya, terang saja demikian, sebab daging sapi ini merupakan sumber zat besi heme. Berdasarkan dari hasil penelitian, dalam 100 gr daging merah ini mempunyai kandingan zat besi sebanyak 2,7 mg. Itu artinya, jumlah zat besi sebanyak 2,7 mg sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan darah. 

  1. Jeroan

Selain daging merah, ternyata jeroan hewan juga cukup ampuh untuk menambah darah lho. Adapun mengenai jeroan hewan yang dapat kamu konsumsi seperti hati, otak, jantung, dan ginjal. Terlebih untuk organ hati sapi, dimana setiap 100 gramnya memiliki zat besi sebanyak 6,5 mg, sehingga sudah memenuhi asupan harian sebanyak 36 %.

  1. Buah Jeruk

Siapa sih yang tidak kenal pada buah berbentuk bulat dan memiliki rasa manis dan asam ini? Berdasarkan dari hasil penelitian, buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C dan zat besi yang tentu saja sangat dibutuhkan untuk membantu proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. 

  1. Seafood

Ada beberapa jenis makanan laut yang sangat disarankan untuk dikonsumsi, yakni kerang dan tiram. Mengapa demikian? Pasalnya, dalam 100 gram kerang ini terdapat zat besi sebanyak 28 mg yang dapat memenuhi asupan zat besi harian sebanyak 150 % lho. 

  1. Bayam

Sayuran berdagun hijau seperti bayam merupakan sumber zat besi, yang tentu saja sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Adapun kandungan nutrisi lainnya pada bayam seperti fosfor, kalium, mangan, dan sebagainya. Agar kadar kandungan nutrisi tersebut tidak berkurang, usahakan untuk memasak bayamnya jangan sampai terlalu matang ya!

  1. Kacang-kacangan

Jenis makanan berikutnya yang efektif untuk menambah darah, yakni berupa kacang-kacangan seperti buncis, kacang polong, kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, kacang Arab, biji wijen, dan kacang kedelai. 

Itulah beberapa jenis makanan yang wajib dikonsumsi oleh para penderita anemia, agar tubuh senantiasa tidak kekurangan darah. 

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.