Kesehatan

Faktor Penyebab Diare

Diare merupakan penyakit yang menyerang gangguan pencernaan yang ditandai dengan buang air besar secara terus – menerus. Kotoran yang keluar pun berbeda dari biasanya sehingga akan membuat pengidapnya harus lebih sering ke kamar mandi atau toilet. Bagi orang yang pilek akan sangat mudah mengatasinya, yaitu dengan mengkonsumsi obat hidung mampet dam hidung meler.

Mulai dari anak – anak hingga orang dewasa, diare bisa menyerang siapa saja tanpa pandang kalangan usia. Tidak menutup kemungkinan juga jika bayi bisa terkena diare. Banyak orang yang menganggap sepele penyakit ini, padahal apabila dibiarkan dalam waktu lama bisa menyebabkan dampak yang buruk, dehidrasi contohnya. Berikut ini kenali beberapa faktor penyebab terjadinya diare.

Faktor Diare

  • Virus dan bakteri

Influenza perut menjadi salah satu penyebab terjadinya diare. Virus ini melekat di bagian dinding – dinding usus sehingga terjadi penurunan absorpsi. Diare juga bisa mengganggu proses sekresi air dan elektrolit. Biasanya diare yang disebabkan oleh virus akan hilang sendiri tanpa melakukan pengobatan. Karena bakteri atau virus ini biasa masuk melalui makanan yang biasa anda konsumsi sehari – hari.

  • Parasit

Beberapa jenis dari parasit ada yang bisa menyebabkan diare tidak semuanya. Protozoa Entamoeba histolytica dan Giardia lambia menjadi salah satu penyebabnya. Biasanya parasit ini hadir di daerah – daerah dengan iklim tropis atau sub – tropis. Diare yang disebabkan oleh parasit biasanya akan mengalami nyeri perut, anorexia, demam, muntah-muntah, dan rasa letih. 

  • Penyakit

Beberapa penyakit ada juga yang menjadi penyebab dari diare. Salah satunya kanker usus yang disebabkan oleh cacing. Penyakit kanker usus ini memiliki gejala yang membuat perut sangat sakit. Perut yang sakit ini bisa menyerang anda dimana dan kapan saja. Bisa dikatakan juga dengan ditandai sakit seperti ini penyakit yang ada di dalam tubuh anda sudah banyak dan sulit dicerna dalam tuvbuh.

Solusi untuk penyakit ini bukan lahi mengkonsumsi obat diare alami untuk dewasa melainkan sudah harus berobat ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.