Bisnis

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Obligasi

Obligasi Ritel Indonesia (ORI) merupakan produk obligasi negara yang dijual untuk individu (investor ritel) yang merupakan WNI lewat mitra distribusi dan bisa diperjualbelikan di Pasar Sekunder. Cara membeli obligasi ini juga semakin mudah karena mitra distribusi yang semakin dekat ke calon investor. 

Apa yang Perlu Diketahui Tentang Obligasi Ritel Indonesia

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli ORI, tak ada salahnya mengetahui beberapa hal mendasar terlebih dahulu, diantaranya; 

Investasi di ORI memiliki Jangka waktu (tenor) selama 3 tahun.

Investasi ini bisa dikatakan lebih aman mengingat pembayaran pokok serta kupon dijamin negara berdasarkan UU SUN no 24 Tahun 2002 Pasal 3 Ayat 1 & 3 dan UU no 24 Tahun 2002, PP MenKeu Nomor 31/PMK.08/2018.

Obligasi ini tidak dapat dicairkan lebih awal sebelum tanggal jatuh tempo.

Pemegang obligasi dapat menjual ORI di pasar sekunder pasca penerimaan kupon pertama, yaitu tanggal 15 Desember 2019 mendatang.

Jumlah nominal untuk transaksi pembelian ORI paling sedikit adalah 1 unit senilai Rp 1 juta dengan kelipatan 1 unit senilai Rp 1 juta.

Terdapat kuota maksimal untuk transaksi pembelian ORI per investor yaitu sejumlah 3.000 unit senilai Rp 3 miliar. 

Jenis dari kupon ORI merupakan jenis kupon tetap dimana tingkat kupon ORI ini ditentukan secara tetap dan dibayarkan tiap bulan di tanggal yang disesuaikan dengan kupon hingga jatuh tempo.

Pembayaran untuk kupon ORI juga berlaku tetap serta dibayar setiap tanggal 15 tiap bulannya hingga tanggal jatuh tempo.

Yang berhak menjadi pemegang ORI adalah individu atau perseorangan yang berstatus sebagai WNI yang dibuktikan e-KTP dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang terdaftar pada database Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kemendagri.

Ada berbagai Mitra Distribusi yang bisa dipilih oleh masyarakat, diantaranya terdiri atas Bank Umum, Perusahaan Efek, Perusahaan Efek Khusus  dan Perusahaan Fintech seperti tanamduit, misalnya. 

sumber : https://id.tanamduit.com/ 

Untuk proses yang lebih mudah, Anda bisa membeli ORI di tanamduit yang merupakan Mitra Distribusi resmi yang ditunjuk oleh Kemenkeu RI untuk keperluan penjualan SBN Ritel online sesuai dengan S-363/PR/2018. Aplikasi tanamduit tang dimaksud bisa Anda download di Google PlayStore untuk ponsel berbasis android. Sementara untuk ponsel iOS, Anda bisa mendapatkannya di App Store.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.