Kuliner, Tips

Hati-Hati Salah Sebut, Ini 5 Makanan Serupa Tapi Tak Sama

Mari kita awali pembahasan kali ini dengan satu pertanyaan sederhana. Apa sih perbedaan granola dan oatmeal? Kebanyakan orang yang ditanyai dengan pertanyaan ini bingung. Bahkan sebagian besar di antaranya menganggap keduanya adalah sama. Untuk penjelasan detail, Anda bisa mengunjungi https://www.lemonilo.com/blog/apa-sih-bedanya-oatmeal-dan-granola.

  1. Granola dan Oatmeal

Seperti yang sudah disinggung di atas, salah satu makanan yang paling mirip adalah si dua makanan kembar ini. Sebenarnya ada banyak perbedaan antara keduanya. Pertama, dari yang paling luar yaitu teksturnya.

Oatmeal cenderung jauh lebih lembur dibandingkan dengan granola. Granola memiliki tekstur yang lebih crunchy. Rasanya pun mempunyai perbedaan yang lumayan mencolok. Granola punya rasa manis sedangkan oatmeal hambar. Cara penyajiannya pun berbeda. Granola bisa Anda hidangkan langsung. Sedangkan aotmeal perlu dimasak terlebih dahulu.

  1. Mie dan Pasta

Untuk kedua makanan ini sebenarnya punya perbedaan yang lebih mencolok namun ada saja yang masih bingung dan penasaran akan perbedaannya. Perbedaan yang paling mendasar ada di bentuknya. Kalau mie identik dengan bentuknya yang keriting walaupun sekarang sudah ada mie gepeng yang bentuknya lebih besar.

Sedangkan pasta bentuknya sangat bervariasi. Ada yang memanjang, spiral, silinder dan masih banyak lagi. Asal usul kedua makanan ini pun jauh sekali berbeda. Mie berasal dari tanah China sedangkan pasta berasal dari Eropa. Perbedaan asal muasalnya ini pula yang kemudian membuat perbedaan cara penyajiannya dan tempat beredarnya.

  1. Muffin dan Cup Cake

Nah, kalau poin ketiga ini lebih susah lagi dibedakan apalagi untuk orang-orang awam. Perbedaan pertama bisa kita lihat dari bahan dasarnya. Bahan dasar yang berbeda ini membuat perbedaan adonan yang signifikan. Cup cake cenderung ringan sedangkan muffin tergolong lebih padat adonannya.

Tekstur yang dihasilkan dari kedua mini cake ini pun berbeda. Muffin dengan adonan khasnya punya tekstur yang lembut dan halus sedangkan muffin lebih keras dan padat serta membuat lebih mudah kenyang.

  1. Mayyonaise dan Sour Cream

Tidak kalah membingungkan, mayyonaise dan sour cream kadang membuat siapa saja enggan berpikir keras. Padahal perbedaannya tidak sulit untuk ditemukan. Perbedaan yang pertama terletak pada bahan pembuatannya. Mayo terbuat dari kuning telur yang dikocok bersama bumbu, cuka dan minyak.

Sedangkan sour cream dibuat dengan cara yang sama dengan cara membuat yogurt yaitu dengan cara fermentasi. Bisa dibuat dari fermentasi susu sapi dan yang lainnya. Dari rasanya, kedua makanan yang sering disajikan sebagai makanan pendamping ini juga berbeda.

  1. Bihun dan Soun

Kalau makanan yang satu ini jelas sudah sangat familiar di telinga kita, orang Indonesia. 2 makanan ini enak sangat mirip sampai ada segolongan orang yang tidak bisa membedakannya.

Kedua makanan ini sebenarnya berbeda dari bahan pembuatannya, namun jika disebutkan, Anda pasti masih kebingungan karena memang lebih mudah untuk membedakan dari luarnya alias fisiknya.

Soun memiliki tekstur yang lebih licin setelah dimasak sedangkan bihun tidak terlalu licin. Mirip sekali ya? Cara lain membedakannya mungkin Anda bisa lebih teliti dalam membaca penjelasan di belakang kemasan saat membelinya.

Dari kue, makanan karbohidrat, sampai dengan makanan khas Indonesia sudah kita bahas perbedaannya. Masih banyak lagi makanan di luar sana yang terlihat sangat mirip yang sebenarnya merupakan makanan yang berbeda. Keep reading!

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.