Kesehatan

Ini Alasan Mengapa Tidak Dianjurkan Memberikan Dekongestan Saat Anak Mengalami Pilek

Flu atau pilek menjadi salah satu penyakit umum yang pernah dialami oleh semua orang. Flu bisa menyerang pada tubuh seseorang saat kondisi tubuh sedang menurun. Salah satu gejala flu yang cukup mengganggu dalam beraktivitas adalah hidung tersumbat. Selain tidak nyaman saat bernafas, saat hidung tersumbat juga menjadi tidak bisa berkonsentrasi saat melakukan kegiatan. Untuk mengatasi hal ini, beberapa orang biasanya menggunakan dekongestan.

Dekongestan merupakan jenis obat yang berguna untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat untuk jangka waktu pendek. Obat antialergi dan dekongestan mungkin memang sering dikonsumsi oleh orang dewasa untuk mengatasi hidung tersumbat. Namun tahukah Anda, meskipun memiliki khasiat tersebut, dekongestan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Hal ini karena dari hasil penelitian, dekongestan tidak memberikan efek yang sama jika dikonsumsi oleh anak-anak. Sebaliknya obat ini justru akan menunjukkan efek samping ringan maupun potensi yang berbahaya jika digunakan untuk pengobatan hidung tersumbat pada anak-anak.

Dibandingkan mengkonsumsi dekongestan, anak-anak yang mengalami pilek lebih dianjurkan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Menyemprotkan atau meneteskan semprotan hidung yang berisi larutan saline.

Obat semprotan hidung ini bisa Anda temukan dengan mudah di apotek. Dengan menyemprotkan cairan ini ke dalam lubang hidung, lendir akan lebih encer dan bisa keluar dengan mudah. Sehingga nantinya pernafasan menjadi lebih lega.

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

Meskipun vitamin C tidak bisa menyembuhkan gejala hidung tersumbat, namun dengan mengkonsumsinya maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Hal ini tentu sangat diperlukan saat kondisi tubuh sedang menurun-menurunnya akibat mengalami flu.

  • Memastikan anak minum banyak air.

Untuk anak balita berusia 6 bulan ke bawah bisa Anda cukupi kebutuhan ASI-nya. Sedangkan untuk anak balita yang sudah besar bisa Anda cukupi kebutuhan cairannya dengan memberikan air putih yang banyak. Cairan ini diperlukan oleh tubuh untuk membantu mengencerkan lendir dalam hidung. Sehingga nantinya lendir bisa dikeluarkan dengan mudah. Berikan anak minum sedikit demi sedikit namun dengan frekuensi yang sering.

  • Membantu si kecil untuk membuang ingus dari hidungnya. Sedangkan untuk anak yang sudah besar bisa Anda ajarkan untuk membuang ingusnya sendiri.
  • Jika diperlukan mengkonsumsi obat flu untuk bayi.

Anda bisa memberikan obat flu khusus bayi namun dengan catatan sudah mendapatkan petunjuk dari dokter sehingga aman untuk si kecil.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.