Tips

Inilah Cara Membersihkan Kipas Angin dengan Mudah Tanpa Membutuhkan Waktu Lama!

Daerah tropis seperti Indonesia tentunya seringkali mengalami udara terasa panas dan membuat keringat bercucuran karena kondisi cuaca. Keadaan ini akan memicu masyarakat untuk mempunyai dan menggunakan sebuah kipas angin yang akan mengurangi rasa panas. Selain itu beberapa produsen elektronik pun berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk kipas angin terbaiknya, seperti kipas angin Cosmos, Philips, atau Sharp. Kipas angin kini sudah banyak ditemukan di dalam rumah, karena sangat dibutuhkan untuk menghilangkan keringat. Sehingga cara pembersihannya pun tidak terlalu diperhatikan dan dipahami padahal perawatan sederhana ini membuat kipas bisa bertahan lama.

Dalam pembersihannya pun tidak dilakukan dengan sembarangan, ada cara tersendiri untuk membersihkannya. Nah bagaimana cara membersihkannya? Kali ini kami akan membahas cara membersihkan kipas angin dengan baik. Yuk, langsung saja simak bersama-sama!

  • Dinginkan kipas angin setelah digunakan

Cara ini harus dilakukan agar saat melakukan pembongkaran mesin kamu tidak panas. Sebelum melakukan pembongkaran, sebaiknya kamu memastikan terlebih dahulu apakah kabelnya sudah tidak terhubung lagi dengan aliran listrik. Diamkan kipas angin beberapa saat agar panas yang dihasilkan oleh mesinnya bisa hilang dengan sendirinya. Jika panas masih terasa, maka akan mempersulit kamu saat pembongkaran.

  • Siapkan obeng untuk membuka tutup kipas angin

Selanjutnya kamu bisa melakukan pembongkaran dengan menggunakan obeng untuk membuka penutupnya terlebih dahulu. Lakukan pembukaan secara perlahan-lahan agar penutupnya tidak terjatuh sehingga akan menyebabkan penutup kipas angin terbentur ke lantai membuatnya menjadi penyok. Setelah penutupnya sudah terbuka kamu harus mencopot baling-balingnya supaya mudah dibersihkan.

  • Membersihkan penutupnya

Untuk membersihkan penutup dengan debu yang sudah menumpuk, kamu bisa membersihkannya dengan kuas kecil. Setelah debunya bersih pada jaring-jaring penutup, maka kamu bisa mencucinya dengan sabun cuci. Cuci secara menyeluruh agar sisa debunya bersih. Jika sudah selesai mencucinya maka kamu bisa membilasnya dengan air bersih sampai busanya terangkat. Keringkan beberapa saat, lalu siapkan kain kering untuk mengelap penutup kipas angin agar bisa kering dengan begitu sempurna.

  • Lepaskan penutup kincir kipas angin

Setelah penutup kipas angin bersih, selanjutnya kamu perlu membersihkan kincirnya. Bersihkan bagian ini dengan menggunakan sapu kecil. Jika sudah, siram dengan air sampai debunya larut serta mencucinya dengan menggunakan sabun cuci piring. Kemudian jangan lupa untuk mengelap dengan menggunakan kain bersih agar sisa air hilang. Pastikan semuanya benar-benar bersih untuk menghindari dari kerusakan akibat terkena air yang masuk ke dalam mesin karena posisi benda ini dekat dengan mesin kipas angin.

 

  • Bersihkan bagian penutup belakang

Untuk membersihkan penutup bagian belakang sama dengan membersihkan penutup bagian depan. Kamu bisa melepas bagian ini terlebih dahulu, setelah dilepas bersihkan dengan menggunakan kuas kecil sampai debunya benar-benar hilang. Jika ingin benar benar bersih kamu bisa melakukannya dengan mencuci memakai sabun. Sebelum dicuci, sebaiknya kamu siram terlebih dahulu agar proses pencuciannya mudah.

  • Bersihkan tiang penyangga

Untuk membersihkan tiang penyanngga kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan kain atau kemoceng dahulu. Setelah melakukan proses pembersihan dengan menggunakan lap yang sedikit basah agar debunya menempel pada lap. Dalam memaksimalkan pembersihan, kamu bisa melanjutkannya dengan mengelapan dengan lap kering agar airnya mengering.

  • Bersihkan bagian kaki

Bagian ini sangat perlu dibersihkan untuk melengkapi agar semuanya benar-benar bersih. Cara membersihkan kakinya cukup mudah yaitu dengan membersihkan dengan kemoceng untuk menghilangkan debu-debu. Selanjutnya membersihkannya dengan menggunakan kanebo setengah basar agar debu mudah terangkat. Akhir dari proses ini yaitu dengan mengelap memakai kanebo setengah basah agar uap yang berada di dalam terhisap oleh kanebo.

  • Membersihkan kabelnya

Kabel kipas juga sangat perlu dibersihkan untuk mempertahankan kualitas kabel. Membersihkan bagian ini tidak harus repot-repot serta tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Kamu bisa membersihkan dengan menggunakan lap basah untuk mengangkat debu-debunya. Lakukan proses ini berulang-ulang agar bersih dengan sempurna.

  • Pemasangan semua benda-benda pada bagiannya

Setelah semuanya sudah bersih sempurna maka kamu bisa melakukan pemasangan kembali pada bagian masing-masing. Setelah proses semuanya dilakukan, pastikan semuanya benar-benar terpasang pada bagian masing-masing.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan kipas angin di rumahmu. Gimana, mudah bukan?

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.