Lifestyle

Inilah Perbedaan Program Jaminan Kesehatan yang Ada di Indonesia

Anda pasti tahu bahwa kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi manusia. tubuh yang sehat adalah nikmat paling besar yang diberikan Tuhan kepada kita, sehingga sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk menjaganya. Di Indonesia sendiri sangat mementingkan kesehatan bagi rakyatnya. Melihat sangat pentingnya kesehatan dalam bernegara, maka banyak upaya yang dilakukan oleh Pemerintah untuk dapat mewujudkan kesehatan yang baik dan maksimal. upaya tersebut diwujudkan dengan  adanya keputusan bahwa pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan yang secara jelas tentang pemberian tunjangan kesehatan yang mengatur pemeliharaan kesehatan bagi rakyatnya. bagi sebuah negara tentu saja menginginkan rakyatnya yang sejahtera dan hidup dengan sehat. oleh karena itu, setiap negara membuat program jaminan kesehatan bagi setiap rakyatnya dengan tujuan dapat menciptakan kehidupan yang baik dan sehat, termasuk di negara kita Indonesia.

Di Indonesia sendiri kesehatan memang sudah menjadi hak siapapun yang termasuk dalam masyarakat Indonesia. karena hal ini memang sudah diatur dalam peraturan undang-undang yang berlaku Indonesia. oleh karena itu, sebagai pemerintah yang mejadi wakil raktay sudah seharusnya melaksanakan kebijakan dan mewujudkan kesehatan dan kehidupan masyarakat yang sejahtera dan terbebas dari berbagai macam penyakit. tentu saja negara yang makmur dan sejahtera adalah negara yang mempunyai tingkat produktivitas yang tinggi, baik dalam bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang teknologi, dan sebagainya termasuk dalam bidang olahraya yang semua itu tidak lepas dari yang namanya kesehatan. sehingga sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai manusia dan khususnya sebagai warga negara Indonesia untuk menjaga kesehatan agar dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia pada umumnya.

Sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya bagi mereka yang berasal dari kalangan bawah, maka pemerintah memberikan berbagai program jaminan kesehatan. program ini merupakan salah satu upaya pemeritah untuk dapat meningkatkan taraf hidup masyarakatnya agar tidak berada dalam garis kemiskinan dan kesehatan yang tidak baik. salah satu program jaminan kesehatan yang ada sejak kepemimpinan presiden kita ke tujuh ini adalah adanya Kartu Indonesia Sehat atau yang sering kita kenal dengan istilah KIS. adanya kartu KIS ini tentu bertujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat agar tercapai segala apa yang dicita-citakan. selain mengeluarkan kartu KIS ini, pemerintah juga mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar yang  biasa dikenal dengan istilah KIP dan juga Kartu Keluarga Sejahtera yang biasa dikenal dengan istilah KKS. sebenarnya, program jaminan kesehatan ini sudah ada sejak pemerintahan presiden sebelumnya, namun istilah yang diberikan berbeda. dimana dulu program jaminan kesehatan ini sering di namakan dengan BPJS.

Lalu, apakah KIS itu? Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan kartu yang dikeluarkan oleh pemerintah yang mempunyai manfaat untuk dapat memberikan jaminan kesehatan dengan pelayanan kesehatan yang gratis kepada masyarakat. sebenarnya, KIS ini merupakan program jaminan kesehatan bagi rakyat Indonesia. sebanarnya, keberadaan KIS ini melengkapi dan menyempurnakan adanya kartu BPJS yang sudah ada. dimana iuran program BPJS ketenagakerjaan ini diberikan kepada siapa saja yang ingin membuat kartu tersebut, dengan adanya tarif setiap bulanya, namun tidak dengan kartu KIS ini. kartu KIS sama sekali tidak menuntut anda untuk bayar atau menarik tarif setiap bulanya, sehingga sama sekali gratis atau tidak dipungut biaya apapun. oleh karena itu, kartu KIS ini sangat berguna untuk masyarakat yang memiliki keterbatsan ekonomi untuk dapat menikmati layanan kesehatan yang layak dan baik. karena setiap manusia memang berhak memperoleh perlindungan dari berbagai penyakit atau sesuatu yang mengganggu kesehatan hidupnya.

Perlu anda ketahui bahwa kartu KIS ini mempunyai beberapa perbedaan dengan kartu BPJS. perbedaan tersebut meliputi kartu KIS hanya diberikan bagi orang yang kondisi ekonominya sangat lemah atau kurang dan tidak mempunyai jaminan pendapatan tiap harinya, sehingga semua pembayaran kesehatan ini ditanggung oleh pemerintah, sedangkan pendaftaran BPJS kesehatan boleh dimiliki oleh siapa saja baik itu masyarakat kaya ataupun miskin, selagi masih dalam negara Indonesia. Dalam pemakaianya, KIS ini dapat dilakukan di mana saja, baik itu di puskesmas, di klinik atau di rumah sakit mana saja yang ada di Indonesia. Sedangkan untuk pemakaian BPJS hanya berlaku di puskesmas atau rumah sakit yang memang telah terdaftar dan sudah bekerja sama dengan BPJS yang dimaksudkan. Kartu KIS ini dapat digunakan untuk pengobatan dan pencegahan, sehingga anda tidak perlu menunggu untuk sakit terlebih dahulu jika ingin menggunakan kartu KIS ini. Sedangkan penggunaan kartu BPJS hanya dapat digunakan jika kondisi kesehatan anda sudah benar-benar sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Inilah perbedan utamanya, kartu KIS merupakan jenis jaminan kesehatan yang mendapatkan subsidi atau bantuan dari pemerintah, sedangkan untuk BPJS sendiri bagi pengguna BPJS tersebut diwajibkan untuk membayar iuran setiap bulannya dengan jumlah yang telah ditentukan dan tergantung dengan golongan BPJS yang anda pilih. Namun,  dalam prosedur pelayanannya, KIS mempunyai prinsip dan sistem yang sama dengan jaminan kesehatan lainnya seperti juga BPJS. untuk dapat menikmati kartu KIS ini langkah awal yang dapat anda lakukan adalah anda harus mendatangi puskesmas atau tempat layanan kesehatan umum lainya pada tingkat pertama untuk melakukan pemeriksaan pada tahap awal. jika memang kesehatan anda harus diperiksa, maka anda dapat lanjut ke tahap selanjutnya, dengan menyertakan surat rujukan yang dikeluarkan oleh puskesmas tersebut untuk memberikan anda pelayanan kesehatan yang lebih lengkap dan lebih tinggi yaitu di rumah sakit. namun, keadaan ini tentunya terjadi jika dalam keadaan darurat, jika anda bebar-benar harus dirujuk ke rumah sakit. dengan adanya KIS ini dapat membantu anda dalam mencegah dan mengobati berbagai penyakit dalam tubuh anda dengan gratis dan tanpa biaya apapun.

Jadi, itulah perbedaan dari kartu KIS dan kartu BPJS. sebenarnya, kedua kartu tersebut sama saja, hanya saja proses transaksinya yang berbeda. namun, baik itu KIS atau BPJS bertujuan untuk dapat membuat masyarakat menjadi lebih sehat dan terjamin kesehatanya. serta sebagai upaya pemerintah untuk dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan lebih baik. oleh karenanya, KIS ini menjamin dan memastikan masyarakat yang kurang atau tidak mampu untuk mendapat manfaat dari pelayanan kesehatan dengan maksimal dengan motto yang harus berbeda dari tahun sebelumnya. jadi, demikianlah informasi yang terkait kartu KIS, yang sangat penting bagi anda. Dengan informasi ini diharapkan anda mendapat suatu titik terang atau pencerahan yang lebih baik untuk bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan dari negara ini sebaik-baiknya tanpa menggangu bahkan merusak kesehatan anda sendiri. semoga bermanfaat dan jangan lupa jangan kesehatan anda, keluarga, teman, dan semua orang yang anda sayangi dimana saja dan kapan saja. semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru untuk anda.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.