Otomotif

Jangan Asal Pilih, Perhatikan Hal Berikut Saat Ingin Kredit Mobil Bekas

Salah satu sarana transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat. Mobil memang menawarkan kenyamanan dan keamanan yang terjamin dibanding dengan menggunakan motor. Untuk bisa memiliki mobil, kini ada berbagai macam caranya. Salah satunya adalah melalui kredit mobil bekas.

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Dalam hal apapun kita harus pintar-pintar dalam memilih, apalagi untuk mobil bekas. Hal tersebut dikarenakan biaya perawatan mobil cukup mahal, jika terjadi kerusakan di dalamnya. Jika Anda akan melakukan kredit mobil bekas, terdapat beberapa hal penting yang harus dipastikan agar tidak menyesal saat sudah membelinya. Berikut adalah beberapa hal tersebut.

1. Lihat Sudah Dibawa Berkendara Berapa Kilometer

Pertama, Anda bisa melihat pada bagian dasbor mobil dan melihat sudah berapa kilometer sudah dibawa. Jika terdapat banyak pilihan, Anda bisa memilih yang masih memiliki kilometer rendah, karena hal tersebut pasti akan berhubungan dengan kesehatan pada mesinnya. Meskipun, kesehatan tergantung pada perawatan.

2. Kesehatan Mesin

Jika  memang terpaksa memilih mobil dengan kilometer yang sudah jauh, Anda bisa mengecek bagaimana kondisi mesinnya. Anda bisa mencoba untuk menghidupkan mesin mobil tersebut, dan dengarkan dengan saksama, apakah terdapat sesuatu yang mencurigakan. Pastikan mobil tersebut juga mudah saat dihidupkan mesinnya.

Dari suara harusnya sudah bisa dipastikan kesehatan mobil tersebut. Jika memiliki suara yang kasar, Anda bisa menanyakan kepada pemilik, bagaimana perawatannya. Karena hal tersebut bisa saja karena telat dalam melakukan servis, atau ada kerusakan yang lain. Mobil dengan kesehatan mesin bagus, pasti memiliki suara yang bersih dan halus.

Anda juga perlu untuk melakukan test drive agar bisa lebih yakin. Coba bawa mobil tersebut untuk bermanuver. Jika menggunakan mobil manual, coba untuk melakukan oper perseneleng, rasakan apakah dalam perpindahan giginya halus atau sulit. Rasakan pula bagaimana kondisi kaki-kakinya saat dibawa dalam perjalanan dan lihat pada bagian belakang apakah berasap.

3. Penampakan Mobil

Tidak kalah penting juga untuk melihat bagaimana penampakan mobil tersebut. Anda harus melihatnya secara teliti, setiap detail mobil tersebut. Pastikan tidak ada kerusakan pada bagian body mobil. Anda bisa melihat mulai dari kondisi warnanya, dan juga apakah ada penyok. Lihat juga pada bagian head lamp-nya, apakah masih bening atau sudah kusam.

Warna headlamp yang tidak kusam artinya barang yang digunakan masih ori. Namun, jika sebaliknya, biasanya mobil tersebut menggunakan headlamp imitasi, sehingga akan mudah kusam karena kualitasnya yang berbeda jauh.

4. Bagian Kaki-kaki

Tidak kalah penting juga untuk melihat pada bagian roda dan suspensi. Pastikan semua roda dalam kondisi yang bagus, atau masih tebal, dan masih menggunakan pelek yang orisinil. Untuk suspensi, Anda bisa merasakannya pada saat test drive, sehingga bisa tahu apakah suspensi masih empuk atau bahkan sudah mati.

5. Fitur yang Berfungsi

Fitur yang perlu diperhatikan adalah seperti wiper, semua lampu apakah masih berfungsi, speedometer dan lain sebagainya, termasuk dengan air conditioner. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik agar Anda bisa langsung menggunakan mobil tersebut, tanpa harus membawanya ke tempat servis.

Dari semua itu harus Anda perhatikan saat akan melakukan kredit mobil bekas. Jangan lupa juga untuk mengecek semua surat-suratnya. Terutama pada pajak mobil, pastikan pemilik selalu membayar pajak  dengan disiplin, sehingga Anda tidak dibebankan biaya pajak yang juga tidak murah.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.