Kesehatan

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Karang Gigi Secara Efektif

Berbagai faktor dapat memengaruhi kondisi kesehatan gigi. Tak jarang, timbullah persoalan kesehatan seperti karang gigi yang umumnya dialami hampir setiap orang. Karena itu, upaya perawatan gigi harus diperhatikan demi keoptimalan fungsi gigi. Anda harus mengetahui penyebab sekaligus cara mengatasinya agar mampu menghilangkan karang pada gigi secara efektif.

Penyebab Karang Gigi

Sejauh ini, banyak sekali faktor yang menyebabkan terganggunya kesehatan gigi. Salah satunya adalah persoalan karang pada gigi. Munculnya karang ini menjadi persoalan yang sering terjadi karena dialami hampir setiap orang. Secara medis, karang di gigi disebut kalkulus.

Pada dasarnya, munculnya karang pada gigi disebabkan oleh penumpukan plak gigi yang mengeras dan melapisi beberapa bagian gigi. Plak gigi tersebut terbentuk dari sisa-sisa makanan yang bercampur bakteri di mulut.

Plak pembawa bakteri tersebut dapat merusak enamel gigi sampai menyebabkan gigi berongga ataupun kerusakan lainnya. Bau mulut juga bisa ditimbulkan karenanya. Jika kerusakan ini semakin parah, maka bisa menyebabkan penurunan fungsi gigi yaitu gigi rapuh dan mudah terkikis.

Dalam kondisi yang parah, timbulnya plak gigi yang semakin mengeras akan menyebabkan sakit gusi berupa peradangan yang berujung pada pembengkakan hingga gusi berdarah. Penumpukan karang gigi yang berasal dari sisa makanan tersebut juga mengandung mikroorganisme yang lama kelamaan menyebabkan gigi goyang karena mengalami kerusakan pada tulang gigi.

Cara Mengatasi Karang Gigi yang Efektif

Setelah mengetahui penyebab timbulnya karang gigi tersebut beserta dampaknya yang serius, sebaiknya segeralah mengatasinya agar tidak semakin parah. Sebenarnya, cara mengatasi karang pada gigi ini berawal dari mengatasi penyebab itu sendiri agar dapat berjalan secara efektif. Untuk itu, plak yang merupakan penyebab karang pada gigi haruslah dibersihkan.

Anda harus menjaga kebersihan gigi dengan menggosok gigi secara rutin sebanyak dua kali sehari, yaitu ketika bangun tidur dan menjelang tidur. Alangkah baiknya, Anda menggosok gigi setiap kali setelah makan. Dengan demikian, Anda dapat menghilangkan plak tersebut sedikit demi sedikit agar tidak semakin mengeras dan merapuhkan gigi.

Cara berikutnya adalah berkumur menggunakan mouth wash setelah menggosok gigi. Cara ini dapat menyempurnakan pembersihan gigi dari plak yang sudah terlanjur ada dan menghilangkan kembali sisa makanan yang membandel. Kandungan antiseptik dalam mouth wash ini akan membunuh kuman jahat penyebab timbulnya karang.

Minum air putih rutin dalam jumlah yang dianjurkan, termasuk cara dalam menghilangkan karang juga. Mengonsumsi air putih ini mampu mencegah timbulnya plak, sehingga Anda dapat mengurangi penumpukan plak penyebab karang pada gigi.

Selain beberapa langkah tersebut, cara alami juga sangat efektif dalam mengatasi persoalan karang gigi. Mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung aneka mineral dan vitamin tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh, termasuk gigi. Kandungan mineral dan vitamin tersebut mampu membentuk air liur di dalam mulut yang berfungsi efektif dalam mencegah timbulnya karang.

Buah yang disarankan untuk dikonsumsi adalah melon dan apel. Buah melon mengandung banyak serat alami, sehingga berperan aktif membentuk air liur untuk menangkal karang pada gigi. Tak hanya itu, buah apel juga mengandung vitamin C yang mampu mencegah serta menghilangkan karang di gigi. Untuk kesehatan gigi yang terbebas dari plak, rutinlah mengonsumsi buah tersebut.

Mempunyai karang gigi adalah suatu hal yang harus diatasi agar kesehatan gigi tidak semakin memburuk. Dengan mengenali gejalanya di atas, Anda dapat mengatasinya dengan upaya tepat demi perbaikan kesehatan gigi. Lakukanlah berbagai upaya tersebut secara rutin dan berkelanjutan demi hasil efektif. Jangan lupa, rutinlah memeriksakan perkembangan kesehatan gigi ke dokter.

Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.