Otomotif

Lebih Dekat dengan Mesin Suzuki Jimny Versi Japan Domestic Market

SuzukiJimnyterbaru sudah resmi dirilis termasuk di Indonesia. Jimnygenerasi terbaru ini membawa mesin berkode K15B berkapasitas 1.500 cc. Tapi selain mesin itu sebenarnyaJimnymasih punya satu mesin lagi yang berkode R06A. Mesin ini kapasitasnya lebih kecil yakni cuma 658 cc, namun dilengkapi turbocharger. Sayangnya pilihan mesin inihanya tersedia untukJimnydi pasar Jepang saja alias Japanese Domestic Market (JDM).

Mesin R06A ini sebenarnya adalah mesin pengganti K6A, dan mulai diproduksi Suzuki sejak 2011 lalu. MesinR06A ini sebenarnya tersedia dalam dua pilihan, yakni dengan dan tanpa turbocharger. Mesin R06A versi dengan turbo mampu melansir tenaga sebesar 64 dk. Sementara yang tanpa dibekali turbo, output powernya hanya 54 dk. Menariknya,untuk versi non turbo, pada katup variabel VVT nya sudah dipasang di klep masuk dan buang.

Sedangkan di versi turbo, katup variabel hanya di katup masuk saja. Sekadar info, mesin R06A turbo ini juga sudah dipasang di Suzuki Alto, Suzuki Hustler, dan Suzuki Spacia.

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.