Kesehatan

Manfaat Probiotik dan Zat Besi untuk Ibu Hamil

Ibu hamil yang rutin melakukan kontrol mengenai kesehatannya dan bayi dalam kandungan akan diberikan suplemen untuk menjaga kesehatan keduanya. Suplemen tersebut umumnya berisi zat gizi yang diperlukan oleh ibu hamil selama masa kehamilan. Mengapa ibu hamil perlu diberikan suplemen? Hal ini berhubungan dengan kebiasaan makan ibu hamil yang belum tentu sehat. Sehat disini juga berarti mengandung kadar zat gizi sesuai dengan yang dibutuhkan. Selain itu suplemen juga ditujukan untuk mencegah penyakit tertentu yang bisa ditanggulangi dengan mengkonsumsi suplemen yang lebih aman untuk janin.

Salah satu jenis suplemen yang aman dan baik untuk ibu hamil adalah suplemen probiotik. Mengapa ibu hamil sebaiknya minum probiotik? Karena probiotik merupakan suplemen alami dengan kandungan bakteri baik yang bisa mengalahkan bakteri jahat penyebab penyakit jika kadarnya di dalam tubuh mencukupi. Karena itu, mengkonsumsi probiotik setiap hari sangat baik manfaatnya bagi ibu hamil untuk tindakan pencegahan terhadap penyakit. Probiotik untuk kesehatan saluran cerna juga bisa memaksimalkan penyerapan sari makanan di usus sehingga sangat baik untuk dikonsumsi siapa saja apalagi saat berada di dalam perawatan dan kondisi rawan.

Lalu bagaimana dengan suplemen zat besi yang setiap harinya harus dikonsumsi oleh ibu hamil? Setiap dokter kandungan sekarang ini bisa dikatakan selalu memberikan resep suplemen zat besi untuk pasiennya. Hal ini tidaklah aneh karena zat besi sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin. Dengan zat besi yang cukup, maka produksi sel darah merah juga akan berlangsung dengan lancar bukan hanya bagi tubuh ibu namun terlebih lagi bagi tubuh janin. Dengan begitu pemberian suplemen zat besi akan memperkecil peluang bayi lahir cacat.

Kekurangan zat besi akan mengakibatkan masalah yang cukup serius bagi ibu hamil mulai dari anemia hingga cacat janin. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia ini membuat zat besi selalu menjadi suplemen yang diresepkan untuk ibu hamil bersamaan dengan asam folat. Dengan mengkonsumsi probiotik dan zat besi setiap hari diharapkan ibu hamil akan memiliki kesehatan yang prima untuk membawa dan melahirkan bayinya dengan lancar.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.