Kesehatan

Memilih Perawat Lansia Untuk Orangtua di Rumah

Merawat lansia tentu berbeda dengan merawat orang sakit biasa. Sebab, lansia umumnya sudah mulai banyak mengalami masalah kesehatan, baik yang ringan maupun berat. Misalnya saja seperti masalah kesehatan tulang berupa osteoporosis, atau bahkan komplikasi berbagai penyakit yang membuatnya tidak bisa melakukan berbagai aktivitas sendiri. Itulah sebabnya, Anda harus sangat waspada saat memutuskan untuk menggunakan jasa perawat lansia di Jakarta maupun di kota lainnya untuk merawat orangtua di rumah.

Lalu, bagaimana ya caranya memilih perawat yangtepat untuk menjaga orangtua Anda? Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan:

  • Sifat

Pernahkah Anda mendengar orang yang mengatakan bahwa ketika seseorang memasuki usia lanjut, maka mereka seperti kembali menjadi anak-anak. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena lansia biasanya akan menjadi sangat bergantung pada Anda. Apalagi jika kondisi kesehatannya kurang baik, maka orangtua Anda akan semakin bergantung pada Anda.

Memastikan bahwa perawat yang menjaga orangtua Anda memiliki sifat baik dan sabar merupakan hal yang sangat penting. Khususnya jika orangtua Anda berada dalam kondisi seperti yang digambarkan di atas.

  • Gender

Perawat lansia yang menjaga orangtua Anda tidak hanya akan merawat untuk urusan kesehatan saja, tetapi bisa jadi urusan pribadi lainnya. Seperti ke kamar mandi maupun untuk urusan mandi. Itulah sebabnya, ada baiknya jika Anda mencari perawat dengan gender yang sama dengan orangtua Anda. Hal ini bisa membuat mereka (orangtua maupun perawat) merasa lebih nyaman.

  • Pengalaman

Ada baiknya jika Anda menanyakan pengalaman callon perawat lansia yang akan Anda pekerjakan. Kondisi lansia seperti apa saja yang pernah ditangani olehnya dan bagaimana cara dia menanganinya. Jika memungkinkan, Anda juga sebaiknya menghubungi tempatnya bekerja sebelumnya agar bisa mendapatkan rekomendasi. Setidaknya Anda mendengar langsung bagaimana pengalaman orang yang pernah mempekerjakan perawat tersebut sehingga bisa lebih objektif dalam menilai.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mencari perawat lansia yang memenuhi kondisi di atas, Anda bisa memanfaatkan layanan perawat lansia seperti HomeCare24. Penyedia layanan ini sudah memiliki pengalaman luas dalam bidang ini sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi. Jadi Anda bisa tenang meninggalkan orangtua di bawah perawatan orang yang sudah pasti akan menjaga orangtua Anda dengan baik.

Namun yang perlu diingat, meskipun Anda menggunakan jasa perawat profesional untuk menemani dan menjaga orangtua, mereka tetap membutuhkan perhatian Anda. Tetap luangkan waktu untuk sekadar mengobrol atau berada di samping mereka sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang Anda. Semoga bermanfaat!

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.