Kesehatan

Mengatasi Bau Kaki Membandel

Jika kamu memakai sepatu yang lembab, maka bisa berakibat bau kaki yang dipicu keringat. Hal ini, menurut ahli penyakit kaki, Joy Rowland, menciptakan bau yang tambah tak sedap. "Bakteri dan jamur dan semua serangga kecil itu menyukai panas, kelembapan, dan gelap dan bagian dalam sepatu adalah tempat yang persis seperti itu," jelasnya.

Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut adalah beberapa saran dari Rowland tentang cara menghentikan bau kaki. Rowland merekomendasikan untuk merendam kaki dalam campuran cuka dan air atau Epsom salt (biasa disebut garam Inggris) dan air.

Untuk merendam garam, larutkan setengah cangkir Epsom salt dalam bak atau mangkuk besar berisi air hangat dan rendam selama sekitar 10 hingga 20 menit. Garam Epsom menarik kelembapan dari kulit, membuat bakteri enggan untuk bertahan hidup. Untuk merendam cuka, campurkan dua bagian air dengan satu bagian cuka dalam bak atau mangkuk besar berisi air hangat dan rendam selama 15 hingga 20 menit seminggu sekali.

Kamu bisa menggunakan cuka putih atau apel. Cuka membuat kulit tidak ramah terhadap bakteri. Namun, kamu harus hati hati. Jangan gunakan rendaman ini jika kaki memiliki luka terbuka, goresan. Sebab, hal tersebut bisa mengiritasi kulit. Saat mandi, penting untuk mencuci kaki dengan bersih menggunakan kain cuci dan pastikan untuk menggosok di antara jari jari kaki.

Apa pun metode yang dipilih, pastikan mengeringkan kaki dengan baik setelah mandi, berendam atau berenang. Menurut Rowland, bau tidak sedap berasal dari kelembapan, jadi penting untuk menjaga kaki, sepatu, dan kaus kaki tetap kering. Jika kaki berkeringat seiring berjalannya waktu, bawa kaus kaki ekstra di tas dan ganti kaus kaki saat makan siang atau setelah olahraga.

Kamu juga dapat membantu menjaga kaki tetap kering dengan memilih kaus kaki yang terbuat dari katun, dan sepatu yang terbuat dari bahan alami seperti katun atau kulit. Bahan bahan alami ini memungkinkan kelembapan di kaki menguap. Semprotan desinfektan untuk keperluan umum seperti yang dugunakan di dapur dapat mengatasi bau tak sedap yang berasal dari sepatu.

Cari semprotan dapur yang mengandung etanol dan bahan sanitasi lainnya yang membunuh bakteri. “Keluarkan sol dalam dari sepatu, semprotkan insole dengan ringan, dan biarkan mengering selama 24 jam," ujar Rowland. Jika kakimu sangat berkeringat, kamu bisa mencoba antiperspirant kaki yang dijual bebas.

"Kamu dapat menggunakan antiperspiran ketiak biasa yang pasti akan membantu mengendalikan kelembapan," kata Rowland. Jika tidak bisa mengatasi masalah bau, maka bisa tanyakan kepada dokter untuk resep obat yang dirancang untuk mengobati kelembapan kaki.

Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.