Tips

Mengulas Beberapa Hal Mengenai Seragam Pramuka yang Perlu Anda Ketahui

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda karana. Tepat pada tahun 2010, di negara Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki anggota Pramuka dari seluruh dunia. Dengan jumlah anggotanya mencapai angka 17 juta orang. Hal ini dikarenakan di negara Indonesia sendiri sudah mewajibkan pendidikan Pramuka sejak jenjang Sekolah Dasar. Dan karena ini, ada beberapa negara yang ingin mengikuti program seperti ini. Diantaranya yaitu negara Jepang dan Thailand. Jadi, setiap negara akan mempunyai seragam Pramuka  yang berbeda-beda.

Untuk prestasi yang didapatkan dari Pramuka tersebut juga sangat banyak sekali yang sudah didapatkan. Karena para anggota Pramuka tidak hanya melakukan kegiatan Pramuka saja, tapi sudah memiliki banyak sekali penghargaan dengan mengikuti kegiatan atau ajang tertentu. Dan prestasi tersebut tidak hanya didapatkan didalam negeri saja, melainkan sudah didapatkan dari kegiatan yang dilakukan di seluruh dunia.

Pramuka dari Indonesia, berhasil memecahkan rekor dunia, tepat pada tanggal 23 Oktober 2011. Yaitu dengan berhasil mengibarkan bendera merah putih dari kedalaman laut sedalam 5 meter yang berlokasi di Pantai Pasir putih yang terletak di Situbondo, Jawa Timur. Dan berat dari bendera yang dikabarkan didalam laut tersebut sangatlah lebar. Yaitu mencapai 1.000 meter persegi dengan rinciannya adalah 20×40 meter.

Rekor yang sudah dicapai ini dinilai dengan sangat spektakuler dan sampai mendapatkan penghargaan “human achievement” karena telah mampu menunjukkan upaya seorang manusia untuk bisa menciptakan sesuatu dengan bentuk usaha yang sangat keras. Dalam mendapatkan prestasi ini juga didukung beberapa faktor seperti jumlah penyelaman-nya yang mencapai 416 orang, berat dari bendera, lebar bendera, serta kondisi alam yang ada di Indonesia.

Inilah beberapa atribut pelengkap seragam Pramuka yang biasanya digunakan. Diantaranya adalah:

  • Tanda tutup kepala. Dari tanda tutup kepala dari Pramuka ini terdiri dari jenis Pramuka siaga, penggalang, penegak, pandega, serta pembina. Dan masing-masing mempunyai beberapa perbedaan dalam bentuk serta lambangnya.
  • Hasduck atau setangan leher. Dasar dari kain setangan leher ini adalah kain yang berwarna putih dengan warna merah pada setiap kaki sisi segitiga nya. Dan untuk laki-laki dengan perempuan memiliki ukuran yang berbeda. Untuk laki-laki lebih panjang, sedangkan untuk perempuan lebih pendek.
  • Topi Pramuka. Topi Pramuka ini juga memiliki bentuk yang berbeda antara laki-laki dengan perempuan. Diatas topi ini akan diberikan tanda tutup kepala sesuai dengan pangkat Pramuka nya.
  • Lambang pandu dunia. Adalah lambang Pramuka internasional yang biasanya dipasang pada lengan baju.
  • Lambang daerah. Adalah lambang dari badge gerakan Pramuka di provinsi. Adalah salah satu tanda pengenal yang terdapat pada gerakan Pramuka serta sudah ditetapkan dalam sebuah keputusan kwartir Nasional Gerakan Pramuka no 055 tahun 1982.
  • Tanda pelantikan. Adalah tanda pengenal yang akan diberikan kepada seorang anggota Pramuka yang akan dipasangkan dalam seragamnya saat di lantik ataupun diresmikan menjadi seorang anggota Gerakan Pramuka yang sudah sah. Tanda pelantikan tersebut akan disematkan saat seseorang anggota pertama kali menjadi seorang anggota Pramuka.
  • Tanda jabatan. Adalah tanda pengenal Pramuka yang akan menunjukkan sebuah jabatan dari seorang anggota Pramuka dan juga beberapa kewajiban serta hak yang harus dipenuhi selama memiliki jabatan tersebut.

Itulah beberapa hal mengenai seragam Pramuka serta tanda-tanda yang akan digunakan dalam melengkapi seragam dari Pramuka tersebut. Jika Anda ingin membelinya secara online, sudah banyak tersedia di situs  belanja online. dan akan banyak sekali pilihan ukuran yang tersedia didalamnya.

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.