Travelling

Nikmati 5 Kuliner Khas Bali Ini Saat Liburan Bersama Keluarga

Mengatur liburan ke Bali, perlu persiapan khusus terutama jika liburan dilakukan bersama keluarga dan menghabiskan waktu beberapa hari. Ada beberapa persiapan utama yang penting dilakukan sejak awal rencana liburan, mulai dari jadwal keberangkatan, transportasi, tiket, akomodasi hingga memilih tempat menginap atau Hotel di Bali . Namun, diantara itu semua, hal lainnya yang tidak boleh diabaikan saat liburan nanti adalah mengetahui kuliner Bali apa saja yang layak untuk dicoba. Nah, artikel ini akan mengulas tentang beberapa jenis kuliner khas Bali yang wajib di coba. Yuk simak!

1.       Ayam Betutu

Bagi para pecinta ayam dan pedas, rasanya wajib untuk mencicipi kuliner khas Bali yang satu ini, yaitu Ayam Betutu. Yang membedakan Ayam Betutu dengan menu olahan ayam lainnya adalah cara memasak dan bumbu yang digunakan. Untuk menghasilkan cita rasa Ayam Betutu yang nikmat, bumbu dimasukkan ke dalam bagian perut ayam yang sudah dibersihkan, kemudian pada bagian luarnya dibaluri lagi dengan bumbu rempah. Ayam yang sudah berbumbu tadi lalu dibungkus dan dimasak dengan cara di panggang di atas bara api sekam selama 24 jam. Kebayang dong empuknya daging ayam yang gurih???

2.       Sate Lilit

Jika biasanya sate dibuat dengan cara menusukkan potongan daging kecil, maka Sate Lilit sedikit berbeda yaitu dengan melilitkan daging halus yang sudah dibumbui. Orang Bali biasanya menggunakan daging ikan tenggiri, ayam atau babi untuk digunakan sebagai bahan dasar membuat sate lilit, namun yang paling jadi favorit adalah daging ikan tenggiri. Daging dibuat halus terlebih dahulu dengan cara digiling kemudian diberi tambahan bumbu agar rasanya gurih, setelah itu daging dililitkan pada batang bambu kecil untuk kemudian dibakar layaknya sate.

3.       Serombotan

Tertarik mencicipi salad sayur ala Bali? Jika ya, bisa mencoba untuk menyantap Serombotan. Ini merupakan salah satu jenis kuliner khas Bali lainnya yang tidak kalah sedap. Menggunakan bahan-bahan aneka sayur yang disiram dengan kuah khas berupa santan berbumbu yang biasanya disebut dengan kuah Kalas. Serombotan seringkali mudah dijumpai pada warung-warung kecil dipinggir jalan di daerah Bali.

4.       Nasi Jinggo

Mendengar nama Nasi Kucing mungkin sudah biasa, namun bagaimana dengan Nasi Jinggo? Ehmm… bagi yang belum pernah ke Bali mungkin masih banyak yang tidak tahu tentang kuliner khas satu ini. Hampir mirip dengan Nasi Kucing, Nasi Jinggo disajikan dengan nasi yang ukuran porsinya kecil yaitu seukuran kepalan tangan orang dewasa saja, selain nasi adapula tambahan lain seperti daging suwir, mie goreng, oseng tempe dan tidak ketinggalan sambal cabe yang super pedas. Ukuran porsinya yang kecil ini membuat Nasi Jinggo dijual dengan harga murah.

5.       Tipat Blayag

Apabila sedang berada di kawasan Buleleng, Bali, sempatkan untuk mencicipi makanan khas daerah setempat berupa Tipat Blayag. Tipat yang satu ini cukup berbeda dari jenis Tipat yang ada di Bali karena menggunakan bumbu olahan tepung beras yang dicampur dengan bumbu khas Bali. Tekstur kuahnya yang kental terasa semakin gurih ketika berpadu dengan potongan tipat, ayam sisit, urap, kerupuk kulit serta kacang kedelai.  Tipat Blayag paling pas disantap saat dalam keadaan hangat.

Itu tadi 5 rekomendasi kuliner khas yang layak dicoba saat liburan ke Bali. Temukan kemudahan dalam pemesanan tempat menginap atau hotel murah di Bali dengan aplikasi Pegipegi. Pesan kamar hotel, villa ataupun hotel bintang 5 di Bali cukup hanya lewat smartphone atau gadget lainnya. Mudah dan praktis bukan? Segera download aplikasi Pegipegi di Playstore sekarang juga!

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.