Lifestyle

Penggemar Musik Jazz? Ketahui Dulu Ciri Musik Jazz dan Alirannya

Jazz merupakan salah satu jenis aliran musik yang mampu mengambil tempat dan sejarah dalam sejarah musik di dunia. Dulu jazz dianggap sebagai musik yang bikin pusing dan susah dimengerti. Namun lain halnya dengan sekarang. Musik jazz mampu menyihir jutaan penggemar di dunia. Apa Anda termasuk penggemar musik jazz? Jika iya yuk ketahui dulu ciri musik jazz dan alirannya juga bisa dicek di https://www.mldspot.com/music/bagaimana-musik-dinamakan-jazz-dan-apa-ciri-cirinya.

Ragtime

Sejarah awa; musik jazz ternyata menyerupai musik asal Afrika dengan beat dan tone yang hampir menyerupai musik-musik asal negara Afrika. Bahkan vibrant, extemporaneous, dan enthusiastic merupakan ciri musik jazz dari aliran yang satu ini dan sangat mudah untuk dikenali.

Classic Jazz

Jenis aliran jazz yang satu ini juga kerap disebut dengan New Orleans Style yang memiliki arti brass band yang ditampilkan di berbagai acara baik dance maupun pesta pada akhir taun 1800-an dan awal tahun 1900-an. Instrumen musikal yang satu ini juga dilengkapi dengan saxophone, clarinet, drum, gitar, cornet, trombone, bajo, bass, dan piano.

Hot Jazz

Aliran jazz yang satu ini memiliki ciri khusus yang berimprovisasi dengan struktur melodi khas. Pada umumnya aliran yang satu ini memiliki klimaks yang emosional. Tak hanya itu saja rhythm section-nya juga diiringi dengan banjo, bass, dan gitar yang lama kelamaan akan meningkat secara pelan hingga mencapai klimaks.

Chicago Style

Chicago merupakan pusat lahirnya aliran jazz dengan ciri utama inventive player. Aliran yang satu ini dengan karakter aransemen yang inovatif dan juga harmonis. Teknik pemainnya juga dapat dikatakan tinggi. Tokoh-tokoh utama dari aliran jazz Chicago style ini antara lain Bud Freeman, Benny Goodman, Gene Krupa dan Edie Condon.

Swing

Tahun 1930-an menjadi awal tahun pertama lahirnya aliran musik jazz swing. Aliran musik jazz swing ternyata juga sering dikatakan sebagai musik dance walaupun bermain secara kolektif. Sebuah band swing jugamampumenunjukkanperformansi solo untukmengimprovisasi melodi utamanya. Benny Goodman sering dijuluki sebagai The King of Swing.

Kansas Style

Aliran jazz yang satu ini lahir pertama kali pada masa The Great Depression sekitar tahun 1920-an hingga tahun 1030-an di kota Kansas USA. Karakteristik utama dari aliran jazz yang satu ini adalah gaya musiknya yang sangat blues dan soulful. Tokoh utama dari aliran jazz yang satu ini adalah Charlie Parker.

Gypsy Jazz

Sebenarnya aliran musik jazz yang satu ini pertama kali diperkenalkan oleh gitaris Perancis yang bernama Django Reinhardt. Aliran musik jazz yang satu ini juga sering dikenalsebagai Jazz Manouche. Ciri utama dari aliran jazz yang satu ini adalah languid dan seductive fell yang dikarakteristikkandengandiving rhythms dan quirky cadences.

Bebop

Aliran jazz bebop pertama kali mulai berkembang di awal tahun 1940-an. Aliran jazz yang satu ini juga masih mengandalkan  improvisasi. Dalam aliran musik bop sang penyanyibebasmengeksplorasikordselamamasihberadadalamstrukturkord yang ada. Aliran yang satu ini sangat berbeda dan menjadi dasar inovasi-inovasi dari musik jazz.

Mainstream

Aliran musik yang satu ini lahir pada akhir tahu 1970 hingga awal tahun 1980 dan tidak terlalu populer. Aliran musik jazz yang satu ini juga seringdikenalsebagaiPost BopatauModern Mainstream. Aliran musik jazz Mainstream juga dipengaruhi oleh beberapa aliran lainnya seperti Cool Jazz, Hardbop, dan Classic Jazz.

Nah itulah beberapa ciri musik jazz dan gambaran mengenai aliran-aliran dalam musik jazz. Ternyata tanpa disadari musik jazz juga terdiri dari beberapa aliran ya. Apakah Anda termasuk pencinta musik jazz, dan sudah tahu tentang aliran-aliran di atas? Bagi Anda penggemar musik jazz tentunya tak ada salahnya untuk mengetahui ciri-ciri dan aliran musik jazz bukan?

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.