Kesehatan

Penyebab Flu dan Hidung Tersumbat Akibat Cuaca Buruk

Cuaca di Indonesia memang menjadi salah satu faktor utama kita terserang penyakit. Suhu dan iklim Indonesia menjadikan cuaca mudah sekali berubah-ubah. Contoh gangguan kesehatan yang sering menyerang ialah gangguan pada saluran pernapasan baik dalam bentuk gejala alergi, atau lainnya. Antialergi dan dekongestan menjadi satu dari sekian solusi dalam penangannya.

Faktor lainnya seperti polusi udara akibat jumlah kendaraan aktif setiap harinya merupakan faktor yang tidak kalah kuat. Mau tidak mau, kita harus berusaha sendiri membangun benteng dalam mencegah gangguan kesehatan.

Penyebab Gangguan Saluran Pernapasan Ketika Cuaca Buruk

Ada beberapa penyebab lainnya yang memicu gangguan saluran pernapasan seperti flu dan hidung tersumbat, di antaranya sebagai berikut:

  • Daya Tahan Tubuh Rendah

Penyebab pertama biasanya karena daya tahan tubuh kita yang sedang dalam keadaan tidak fit atau rendah. Ketika tubuh sedang tidak fit, maka bakteri, virus, dan kuman mudah memasuki tubuh kita. Perkuat daya tahan tubuh dengan olahraga rutin dan konsumsi makanan/minuman yang mengandung berbagai vitamin dan gizi seimbang.

  • Kurang Konsumsi Asupan Tidak Sehat

Menurut info kesehatan seputar alasan mengapa seseorang mudah terkena penyakit adalah karena kurang memerhatikan asupan sehari-hari. Lebih sering jajan sembarangan, makan di luar tanpa tahun kebersihan dan kualitasnya, serta terlalu sering menjalani pola makan yang serba instan.

  • Suhu Tubuh Tidak Stabil

Tubuh bisa terganggu tingkat kesehatannya bila suhu tubuh sedang tidak stabil. Ketidak stabilan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, suhu udara, cuaca, asupan, kurang tidur, dan banyak lagi. Gunakan jaket bila udara sedang cukup dingin dan hindari terkena matahari langsung bila cuaca sedang sangat terik. Hindari AC bila tubuh Anda alergi terhadap udara dingin.

  • Tidur Tidak Berkualitas

Selanjutnya, tidur tidak berkualitas seperti terlalu larut dan bangun terlalu siang, tidur tidak nyenyak, dan masalah tidur lainnya ini menjadi penyebab yang perlahan merusak sistem kekebalan tubuh kita. Selain mengatur jadwal tidur, Anda bisa kurangi penggunaan gadget sesaat sebelum tidur, karena sebagian besar kualitas tidur berkurang akibat hal tersebut.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.