Otomotif

Pick Up Suzuki ST20 Truntung Milik PNS di Garut Juarai ‘Kontes Legenda Carry’

– Mobil pick up Suzuki ST20 Truntung rakitan tahun 1981 yang masih mulus milik Dang Sani Imansyah, seorang pegawai negeri sipil (PNS) di Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tampil sebagai juara utama Kontes Legenda Carry, sebuah kontes unik untuk mencari pick tertua buatan Suzuki di Indonesia dalam kondisi masih terawat baik. Pick up berwarna kuning gading ini tampil sebagai juara berdasar hasil penilaian tim juri PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyisihkan sejumlah kandidat pick up Suzuki tua lainnya dari berbagai kota dan daerah yang mendaftar. Sebagai ganjarannya, Dang Sani Imansyah berhak membawa pulang sebuah pick Suzuki New Carry pick up dari PT SIS.

Suzuki ST20 tahun 1981milik Dang Sani Imansyah terpilih menjadi juara karena memenuhi tiga kriteria utama, yaitu menggunakan mesin original Suzuki berkapasitas 550cc yang masih bisa berfungsi baik, cat bodi yang masih mengacu pada warna aslinya saat dibeli, serta kendaraan masih beroperasi dengan baik. ST20 tahun 1981 ini juga memiliki dokumen kepemilikan yang lengkap seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan buku kir. Dang Sani Imansyah mengaku dirinya tertarik mengoperasikan dan merawat pick up Suzuki ST20 karena bentuknya yang unik, ringan saat dikendarai, serta irit dalam konsumsi bahan bakar dan biaya perawatan.

Meski pick up tua, Dang Sani mengaku membawa secara rutin pick up nya ini tiga bulan sekali untuk menjalani perawatan berkala ke bengkel resmi Suzuki di Kota Garut, yakni PT IB Mobil Garut. Dang mengaku, untuk kebutuhan spare parts, terutama yang bersifat fast moving, hingga kini dirinya masih dengan mudah mendapatkannya dengan harga terjangkau. Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT SIS, Harold Donnel, di acara penyerahan hadiah kepada Dang sebagai pemenang utama mengatakan, Kontes Legenda Carry digelar untuk menyambut peluncuran pick up generasi terbaru Suzuki New Carry di Indonesia.

Suzuki New Carry Pick Up merupakan pick up terbaru dengan desain kabin dan bak yang dirancang ulang menjadi lebih lebar, lebih panjang dan lebih lega dengan didukung mesin terbaru berkapasitas 1.500 CC tipe K15B C. "Kontes Legenda Carry ini kita gelar untuk menyambut lahirnya Carry baru. Ini adalah mobil yang legendaris dan selama ini terbukti berkontribusi pada perekonomian," ujar Harold Donnel. "Di kontes ini kita cari pick up Suzuki Carry yang paling tua usianya dengan mengutamakan orisinalitas. Tidak hanya cat, tapi juga mesinnya harus berfungsi dengan baik. Kami menemukan rekam jejak perawatan kendaraan milik pemenang utama ini dari diler resmi kami di Garut," imbuh Harold Donnel, bangga.

Harold menjelaskan, peserta paling banyak masuk adalah Suzuki Carry pick up buatan tahun 1980 sampai 1990. "Ada juga yang buatan tahun 1976. Kami sebarkan informasi Kontes Legenda Carry ini melalui jaringan diler kami," beber Harold. Tampil sebagai juara kedua Kontes Legenda Carry adalah Suzuki ST20 buatan tahun 1981 milik Fajri Mevoi Matoka asal Gorontalo dan juara ketiga dimenangkan oleh Suzuki ST20 buatan tahun 1981 milik Ahmad Chamaludin asal Kota Semarang. Pemenang kedua berhak mendapatkan satu unit GSX150 Bandit dan juara ketiga mendapatkan satu unit Suzuki Nex II Elegant. Selamat untuk para pemenang!

Penulis: Choirul Arifin

Tagged , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.