Bisnis, Tips

RAPP Riau Memproduksi PaperOneTM Dengan Nanotechnology

 

Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP) selalu menyambut perkembangan terbaru dengan cepat. Ketika nanotechnology mulai berkembang, mereka juga memanfaatkannya untuk memproduksi PaperOneTM.

RAPP Riau merupakan unit operasional bagian dari Grup APRIL. Induk perusahaannya itu dikenal sebagai salah satu produsen pulp dan kertas terkemuka di dunia. Maklum saja, per tahun, APRIL sanggup memproduksi pulp sebanyak 2,8 juta ton dan kertas sebesar 850 ribu ton.

Dalam melakukan proses produksi, APRIL menyerahkannya kepada PT RAPP. Bersama dengan 40 mitra pemasok jangka panjang, RAPP mengelola lahan perkebunan seluas 476 ribu hektare untuk mendapatkan bahan baku. Berkat itu, sekitar 79 persen kebutuhan fiber perusahaan sudah terpenuhi.

Dari sekian banyak produk yang dihasilkan oleh Riau Andalan Pulp & Paper, PaperOneTM termasuk yang menonjol. Merek kertas premium ini sangat laris di pasar dunia. Lihat saja, PaperOneTM sudah dijual di lebih dari 70 negara. Bahkan, alokasi pasarnya justru lebih besar untuk kawasan global dibanding kebutuhan domestik di Indonesia.

Pencapaian itu tidak lepas dari kualitas tinggi yang dimiliki oleh PaperOneTM. Produk buatan RAPP ini dikenal bersih dan memiliki warna putih yang cerah. Selain itu, teknologi khusus yang ada di dalamnya membuat hasil cetakan terlihat lebih tajam dan jelas. Bahkan, tinta untuk mencetak akan lebih cepat kering di sana.

Kelebihan yang dimiliki PaperOneTM tak lepas dari penerapan nanotechnology di dalamnya. PT RAPP tidak mau ketinggalan dengan teknologi terbaru. Ketika tren teknologi nano muncul, mereka ikut memanfaatkannya karena sadar bakal banyak keuntungan yang didapatkan.

Secara garis besar, nanotechnology merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengontrol zat, material dan sistem pada skala nanometer, sehingga menghasilkan fungsi baru yang belum pernah ada. Dalam bidang ini, ukuran 1 nanometer adalah 1 per satu miliar meter. Ini berarti 50.000 kali lebih kecil dari ukuran rambut manusia.

Teknologi nano memiliki banyak manfaat. Dengan nanotechnology, zat dapat dibuat dalam ukuran yang sangat kecil. Selain itu, sifat dan fungsi zat tersebut bisa diubah sesuai dengan yang diinginkan.

“Secara mudah, teknologi nano itu membuat seluruh perangkat-perangkat menjadi kecil atau teknologi yang mampu merekayasa dalam skala nano meter. Kenapa ukuran nano menjadi penting? Karena ternyata pada ukuran nano seluruh parameter kehidupan baik biologi, elektronik, atau yang lainnya itu bisa dikontrol secara teknis,” kata Ketua Program Studi Sarjana Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung Prof. Brian Yuliarto, Ph.D. seperti dilaporkan oleh VOA Indonesia.

Namun, sayang sekali, belum banyak pihak di Indonesia yang memahami nanotechnology. Jangankan menguasainya, tahu persis kegunaannya juga belum tentu. Ini sangat disayangkan karena teknologi nano terus akan berkembang menjadi hal penting pada masa depan.

Beruntung RAPP Riau tidak sama dengan kebanyakan pihak di negeri kita, Manfaat yang besar dari teknologi nano diketahui oleh Riau Andalan Pulp & Paper. Maka, mereka mengembangkannya untuk menghasilkan teknologi yang dinamai sebagai ProDigi HD Print Technology.

RAPP Riau memilih menerapkan ProDigi HD Print Technology ke produk-produk PaperOneTM. Mereka menggunakan terobosan dari teknologi nano ini untuk menghasilkan kertas terbaik untuk mencetak, foto kopi, serta ramah lingkungan.

Dalam mengembangkan ProDigi HD Print Technology, PT RAPP tidak serta-merta menghasilkannya. Ini adalah buah dari evolusi panjang dan pengalaman memproduksi pulp dan kertas.

Namun, hasil dari pemanfaatan teknologi nano itu sangat besar. PaperOneTM memiliki sejumlah kualitas apik yang membedakannya dengan produk-produk sejenis. Tidak mengherankan merek kertas premium buatan PT RAPP ini disukai oleh publik.

Setidaknya ada empat kelebihan PaperOneTM yang muncul berkat nanotechnology dalam ProDigi HD Print Technology. Kertas dari PaperOneTM dikenal menghasilkan warna yang jelas ketika digunakan untuk mencetak. Selain itu, garis-garis hasil cetakan tegas dan kertas tidak akan luntur. Hal itu masih ditambah dengan kelebihan khusus berupa kemampuan untuk menghemat tinta.

KELEBIHAN PAPERONETM

Sejumlah kelebihan PaperOneTM itu sangat menarik untuk ditelaah. Teknologi nano di dalamnya ternyata mampu membuat kertas premium buatan Riau Andalan Pulp & Paper ini memiliki mutu tinggi.

Dimulai dari hasil cetakan yang lebih jelas. ProDigi HD Print Technology berperan besar. Teknologi ini mampu meningkatkan kejelasan warna hingga 34 persen.

Kemampuan itu berasal dari karakterstik kertas PaperOneTM. Permukaan kertas ini sanggup menyerap tinta lebih banyak. Akibatnya tinta akan bertahan lebih baik di atasnya dibanding kertas baik. Itulah yang membuat hasil cetakannya lebih jelas.

Bersamaan dengan itu, merek kertas buatan PT RAPP ini mampu mengurangi lelehan tinta di atas permukaaan. Berdasarkan perhitungan APRIL, PaperOneTM bisa mempekecil tinta yang meleleh hingga 23 persen.

Tidak aneh garis-garis dalam hasil cetakan yang menggunakan PaperOneTM bisa lebih tegas dan jelas. Hal ini tidak lepas dari lelehan tinta yang berkurang sehingga mampu memperkuat warna hitam sebanyak 17 persen.

Selain itu, nanotechnology seperti ProDigi HD Print Technology semakin membuat pemakainya merasa puas karena hasil cetakan cepat kering. PaperOneTM bisa dengan cepat menyerap tinta dengan baik. Akibatnya kertas tidak akan mudah luntur sesudah digunakan untuk mencetak.

Kelebihan itu masih ditambah dengan keuntungan penghematan karena menggunakan PaperOneTM. Penelitian dari sebuah lembaga independen Buyers Laboratory (BLI) memperlihatkan bukti nyatanya. Mereka menemukan bahwa merek kertas premium hasil karya RAPP Riau ini bisa menghemat tinta hingga 18 persen ketika dibandingkan dengan jenis kertas lain.

Penghematan tidak lepas dari betapa lekatnya kertas PaperOneTM terhadap tinta. Ketika dipakai mencetak, kertasnya menyerap tinta dengan baik. Ini membuat jumlah tinta yang dipakai tidak terlalu banyak, namun PaperOneTM tetap mampu menghasikan cetakan yang baik.

Kelebihan itu memudahkan konsumen untuk menggunakan kertas sesuai keperluan masing-masing. Dengan memanfaatkan PaperOneTM, beragam aktivitas dapat dijalankan dengan maksimal. Mereka bisa mencetak atau menggandakan dokumen dengan baik. Selain itu, beragam jenis kreativitas dapat pula mereka lakukan dengan kertas bermutu seperti produk buatan PT RAPP tersebut.

Kebetulan PaperOneTM tersedia dalam beragam varian produk yang sesuai beragam kebutuhan. Produk-produknya dirancang untuk cocok dalam mencetak, penggandaan melalui foto kopi, atau melakukan kedua aktivitas sekaligus.

RAPP memang merancangnya supaya fleksibel dengan tuntutan kebutuhan masyarakat modern seperti sekarang. Namun, mereka juga mempersiapkan PaperOneTM agar tetap dapat dipakai untuk penggunaan kertas dalam industri besar. Di sini, mereka menyediakan varian PaperOneTM Offset Premium Paper.

Riau Andalan Pulp & Paper berusaha keras memuaskan para pelanggannya dengan membuat jenis kertas yang berkualitas. PaperOneTM yang diproduksi dengan menggunakan teknologi nano seperti ProDigi HD Print Technology merupakan bukti yang diberikan.

Tidak mengherankan, merek kertas premium buatan RAPP Riau ini mampu menjadi kebanggaan bangsa. Sebagai produk lokal, PaperOneTM bisa menembus pasar dunia berkat beragam kualitas tinggi yang dimilikinya.

 

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.