Gadget

Sejarah Singkat THINKPAD yang Terinspirasi Dari Kotak Makan Jepang

Apa itu thinkPad? ThinkPad merupakan laptop canggih yang memiliki ketahanan yang kuat dan dilengkapi teknologi yang bisa diandalkan. Banyak orang mengatakan bahwa ThinkPad merupakan laptop premium. ThinkPad dibuat oleh Lenovo yang terinspirasi dari kotak makan di Jepang dengan sebutan Shokado Bento.

Di negeri sakura banyak orang membawa bekal makan siang yang dimasukkan ke dalam sebuah kotak yang biasanya memiliki warna hitam, yang mereka sebut dengan Bento-Bako atau Bento Box. Bento adalah arti dari isi yang ada di dalam kotak tersebut. Dalam mengisi makanan di kotak tersebut harus disiapkan dengan begitu jeli serta rapi dan juga memiliki seni. Kemudian akhirnya Lenovo Thinkpad terinspirasi dari kotak Bento yang dirancang pertama kali oleh desainer Jerman yang sangat menyukai budaya yang ada di Jepang yaitu Richard Sapper.

Proses saat merancang Lenovo ThinkPad itu sendiri tidak langsung jadi dan bahkan tidak berjalan mulus, saat itu Richard memilih tombol penggerak kursor yang berwarna merah dan rancangannya itu pun ditolak dengan alasan dikarenakan tombol merah tersebut hanya dipakai ketika mematikan komputer dan untuk tombol darurat. Richard lalu mengubah warna merah tersebut dengan warna barunya yang disebut dengan “magenta IBM”. Lalu setelah warna barunya disetujui oleh bagian produksi, secara bertahap dan diam-diam warna barunya tersebut diubah olehnya menjadi warna merah yang pertama ia pilih dan tak ada seorangpun mengetahuinya.

Dan sampai saat ini tombol merah tersebut menjadi bagian dari desain ThinkPad yang tidak akan terpisahkan. Ketika zaman semua komputer didesain dengan warna putih dan tidak ada satupun yang berwarna hitam, kehadiran warna hitam saat itu berkesan aneh dan mendapat penolakan. Bagi IBM sendiri menolak warna hitam dengan alasan DIN atau Institusi Standarisasi Jerman tidak memperbolehkan peralatan kantor yang berwarna hitam.

Dengan dilakukannya pendekatan bahwa produk ThinkPad merupakan sesuatu yang terbaru dan harus berbeda dengan produk lainnya yang sudah ada. Pilihan tersebut terbukti benar, setelah merasa benar akan pembuktian yang dilakukan Richard, banyak komputer desktop, laptop, dan produk server diberi warna hitam. Tetapi warna hitam pada ThinkPad menjadikan ciri yang menghubungkannya dengan kotak makan Bento yang berwarna gelap. Sejak masa dimana IBM hingga divisi nya dibeli oleh Lenovo, ThinkPad telah melewati perubahan desain dan kemampuannya, saat dimana pada tahun 1992 teknologi berubah begitu pesat hingga sekarang ini.

Kemudian ThinkPad mempertahankan visi pertamanya agar laptop tersebut layak disebut dengan Lenovo ThinkPad. Di pertengahan zaman yang dipenuhi dengan desain  laptop terbaru, ThinkPad tetap yakin pada visi pertamanya yakni tetap memilih konsep awal sebagai kotak bento yang begitu simpel, praktis, serta memiliki berbagai sajian lezat di dalamnya. Semua yang ada didalam kotak bento ditata dengan rapi dan diatur sedemikian rupa, sehingga membuat orang yang ingin menikmatinya merasakan dan terpenuhi kebutuhannya, itulah visi dari ThinkPad.

Saat ini Lenovo ThinkPad menjadi brand yang bisa dibilang sejajar dengan Levi’s 501 atau Porsche 911. Walaupun dengan perubahannya, siapapun yang memakainya akan merasakan hal yang sama. Laptop ThinkPad ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Office 365. Microsoft Office 365 merupakan perangkat produktivitas untuk membuat bisnis anda dapat dimanfaatkan dari kekuatan server yang lebih besar dan dengan upaya instalasi yang besar pula. Microsoft Office 365 merupakan perangkat lunak komputer yang bisa anda gunakan di kantor dengan ditambahkannya fasilitas perangkat online yang berfungsi sebagai sistem kolaborasi menjadi lebih baik.

Jika anda berlangganan di Microsoft Office 365, produk Office lainnya secara otomatis akan diperbaharui dan anda juga bisa melihat fitur terbaru apa saja dari Word, Excel, PowerPoint dan juga program Office lainnya yang menjadi dokumen versi terbaru di berbagai perangkat. Lalu saat anda menggunakan perangkat ini anda akan mendapat keuntungan seperti, Berkolaborasi antar tim menjadi lebih baik, dapat bekerja dimanapun anda berada, dan tentunya membuat anda lebih percaya diri dalam bekerja.

Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.