Tips

Spesifikasi dan Harga Hewan Qurban Terbaru 2018

Hari raya Idul Adha sebentar lagi akan datang. Itu artinya, ibadah qurban pun sebentar lagi juga akan terjadi. Anda tertarik untuk ikut terlibat dalam ibadah yang satu ini? Jika iya, Anda harus tahu spesifikasi dan harga hewan qurban terbaru di tahun 2018 ini. Dengan begitu, qurban Anda akan sah dan dananya mencukupi. Bagaimana spesifikasi dan harganya itu?

Spesifikasi Hewan Qurban yang Baik dan Layak

Sebenarnya, kriteria dari hewan qurban yang baik itu ada dua. Pertama, kriteria yang berdasarkan keabsahan. Sedangkan yang kedua merupakan kriteria sunnah seperti sudah punya tandung. Kriteria keabsahan sendiri hal yang menjadikan qurban tersebut. Misalnya saja, hewan tersebut dimiliki dengan cara kepemilikan yang halal dan bukan dari hasil curian.

Lalu, jenis qurban tersebut harus sesuai syariat. Yup! Anda tak boleh asal saja dalam mengqurbankan hewan qurban. Ada hewan tertentu yang boleh diqurbankan dan tak boleh diqurbankan. Hewan yang boleh diqurbankan sesuai aturan agama adalah domba, kambing, sapi dan unta saja. Selain itu, tidak diperbolehkan.

Umur hewan qurban tersebut juga harus sesuai dengan batas minimal. Jika di bawah dari itu, tidak akan diterima. Usia minimal dari hewan yang diqurbankan yakni untuk domba minimal 6 bulan. Untuk kambing minimal satu tahun, untuk sapi minimal 2 tahun dan untuk unta, usia minimal untuk diqurbankan adalah 5 tahun.

Hewan Qurban Harus Sehat dan Tak Boleh Cacat

Selain harus memenuhi beberapa syarat di atas, hewan qurban juga tak boleh diqurbankan cacat. Ada setidaknya empat cacat hewan yang tak diterima. Cacat tersebut adalah buta sebelah matanya atau jelas kebutaannya. Selain itu, hewan tersebut juga tak boleh pincang, pincang sepincang-pincangnya atau jelas tampak pincangnya.

Hal lain yang tak diperbolehkan adalah hewan qurban tersebut sangat kurus dan tua sampai-sampai tidak memiliki sumsum tulang lagi. Sedangkan cacat terakhir yang tak dibolehkan dalam hewan qurban adalah hewan tersebut sakit dan sakitnya sangat jelas kelihatannya. Jika hal ini terjadi pada hewan yang akan diqurbankan, maka baiknya ditinggalkan saja.

Selain bebas cacat, hewan qurban juga harus memiliki lubang kumlah yang bersih dan normal. Lubang itu adalah mata, hidung, telinga, hidung dan anus. Matanya juga harus jernih, hidung tak basah dan bulunya mengkilat. Lalu, kulitnya harus memiliki elastisitas yang baik dan tidak luka atau borok. Paling penting, mereka aktif bergerak dan mau makan dan minum.

Berapa Harganya?

Untuk masalah harga, biasanya bervariasi. Tergantung di mana dan apa jenis hewan yang Anda pilih. Misalnya, Anda membeli sapi. Biasanya, harganya berkisar belasan juta. Sedangkan kambing hanya sekitar dua juta rupiah saja. Anda bisa membelinya baik secara konvensional ataupun dengan cara daring yang lebih memudahkan.

Jika ingin membeli secara daring, Anda bisa kunjungi Global Qurban dan dapatkan penawaran harga yang menarik. Misalnya saja, untuk sapi dengan berat mencapai 220 kg, harganya hanya Rp11.900.000,- saja. Sedangkan untuk kambing, harganya berkisar Rp1.700.000,-. Tak usah ragu beli di sini karena semua hewan dijamin sesuai syarat agama.

Nah. Bagaimana? Anda berniat membeli hewan qurban untuk ibadah Anda nanti? Harga hewan qurban tahun ini memang mengalami sedikit kenaikan dari tahun sebelumnya. Namun sekarang Anda bisa lebih mudah mendapatnya, misalnya dengan cara daring melalui Global Qurban yang akan memudahkan Anda dalam membeli hewan qurban pilihan.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.