Tips

Tingkatkan Kemampuan Kognisi Anak dengan Cara Sederhana Berikut

Anak harus sudah diberikan bekal tentang perilaku dan tindakan dalam kehidupan sedini mungkin. Salah satunya adalah aspek kognisi, yang merupakan cara anak untuk memahami dan melakukan sesuatu, hal ini berhubungan dengan bakar yang dimiliki oleh anak. Sebagai orang tua, kita harus membantu mereka mengembangkan kemampuan kognisinya.

4 Cara Meningkatkan Kemampuan Kognisi pada Anak

Secara sederhana, kognisi bisa diartikan sebagai kemampuan otak. Beberapa aspek di dalamnya adalah pengetahuan, penerapan, pemahaman, analisis, sintesis, dan juga penilaian. Semua aspek tersebut penting untuk dijadikan bekal masa depannya. Untuk bisa meningkatnya sebenarnya juga sangat sederhana, berikut adalah beberapa caranya.

1. Bermain

Anak-anak pasti suka bermain, Anda bisa memberikan permainan semacam balok susun, puzzle, mainan kartu dan lain sebagainya. Melalui permainan-permainan tersebut, anak akan mulai melatih kemampuan atensi atau perhatian. Anak-anak masih susah untuk harus fokus terhadap hal-hal tertentu dalam jangka waktu yang lama.

Sedini mungkin kita harus mendukung kemampuannya yang satu ini. Tujuannya adalah agar saat berada di sekolah, anak bisa tetap fokus dengan materi akademik. Pada saat menyusun balok, lihat Anda berapa lama bisa bertahan dengan permainan tersebut. Sebagai orang tua, jangan sampai kita memberinya stimulasi berlebihan, biarkan si kecil berkreasi dengan imajinasinya.

2. Membacakan Cerita

Anda bisa membacakan beberapa dongeng yang menarik untuk si kecil. Cerita memiliki peran yang cukup besar untuk meningkatkan kemampuan kognisi anak. Disini mereka akan belajar tentang Bahasa, kemampuan atensi, kemampuan memorinya, dan lain sebagainya. Anda bisa mencari cerita-cerita tradisional Indonesia yang sangat menarik.

Membacakan cerita akan meningkatkan kemampuan konsentrasinya dan juga mengasah imajinasi si kecil. Saat menceritakan, berikan secara ekspresif, dengan intonasi nada yang disesuaikan dengan alur cerita. Tujuannya adalah agar si kecil lebih merasakan atau mendalami alur ceritanya.

3. Menggambar

Selanjutnya Anda juga bisa melatih kemampuan psikomotorik melalui menggambar. Psikomotorik merupakan kemampuan dalam bertindak yang dilakukan oleh anak setelah mendapat sebuah pelajaran atau pengetahuan baru. Dengan menggambar mereka bisa belajar sekaligus mengimplementasikan hasil yang mereka pelajari.

Anda bisa memberinya buku menggambar dan juga pensil, lalu biarkan mereka menggambar sesuai dengan kemampuan. Pada awalnya mereka mungkin hanya mencorat-coret, namun sebenarnya yang anak kecil lihat adalah sebuah gambar yang sangat indah sesuai dengan imajinasi mereka, jadi tetap berikan sebuah pujian agar merasa senang.

4. Bermain Musik

Anda bisa mulai mengenalkannya tentang beberapa alat music yang mudah untuk digunakan, seperti piano. Musik akan mendukung perkembangan mental anak, membangun perasaan, daya ingat dan juga perasaan. Cara paling mudah adalah dengan mengenalkannya sebuah lagu anak-anak dan ajak dia untuk menghafalkan liriknya.

5. Belajar Lewat Komunikasi Sehari-hari

Jangan sampai Anda kurang komunikasi dengan si anak, karena ini akan mempengaruhi kemampuan kognisinya. Ajak anak berkomunikasi dengan mensejajarkan posisi tubuh, sehingga anak menjadi lebih nyaman saat berkomunikasi. Melalui cara ini Anak akan melatih kemampuan konsentrasinya dan juga kemampuan menggunakan Bahasa.

Komunikasi juga bisa menambah kedekatan emosional antara orang tua dan anak. Cobalah untuk mengajak berdiskusi, atau sekedar menanyakan pengalaman yang ia dapatkan selama satu hari ini.

Itulah tadi beberapa cara sederhana yang bisa dipraktekan untuk mendukung kemampuan kognisi anak. Stimulasi-stimulasi seperti yang telah disebutkan di atas sangat penting untuk dilakukan, sehingga anak akan lebih mudah dalam menangkap hal-hal baru di sekitar mereka. Anak menjadi lebih cerdas, mental yang kuat dan bahagia.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.