Tips

Tips Beli Motor Secara Cash agar Tak Tertipu Sales Nakal

Bukan rahasia lagi kalau kebanyakan sales atau dealer lebih mendahulukan mereka yang jual beli motor secara kredit dibanding yang cash. Bahkan, ada juga sales nakal yang akan mempersulit pembelian motor secara cash semisal dengan pengurusan surat yang lebih lama dan lainnya. Untuk menghindarinya, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Seperti ini!

  1. Cek Harga

Salah satu masalah yang sering dihadapi konsumen yang ingin membeli motor langsung cash adalah harga yang diberikan lebih tinggi dibanding harga pasaran. Hal ini biasanya memang trik sales nakal untuk mempersulit dan membuat si calon pembeli lebih memilih membeli secara kredit saja. Sebab, bila beli kredit, pihaknya akan mendapat keuntungan berlebih.

Untuk menghindari hal ini, baiknya Anda mengecek web dari vendor resmi motor yang Anda inginkan. Cek berapa harga yang ditetapkan sebenarnya. Kalau harganya selisih sedikit, bisa dimaklumi. Namun, kalau sudah banyak, Anda bisa protes.

  1. Datangi Dealer Resmi

Lalu, pergilah ke dealer resmi. Jangan membeli lewat tempat tak jelas. Untuk motor Yamaha, Anda bisa menemukan sales resmi yang menggunakan seragam Yamaha. Ini adalah identitas dari setiap karyawan. Akan lebih baik, Anda langsung mendatangi di mana tempat sales itu duduk sehingga Anda bisa meminimalisir oknum yang menyamar menjadi sales abal-anal.

Kalau untuk Yamaha, biasanya bila beli secara cash di dealer resmi Anda akan mendapatkan diskon sekitar 200 hingga 500 ribu dari harga motor tersebut/ Jadi, bisa dipastikan seharusnya harga yang dikenakan lebih murah dari harga yang ada di web.

  1. Pahami Standarnya

Selain itu, sebelum Anda menuduh bahwa sales yang melayani Anda adalah sales nakal, ada baiknya Anda pahami dulu standar yang berlaku untuk sebuah produk motor. Bila Anda jual beli motor secara cash, biasanya untuk model terbaru pengirimannya akan dilakukan paling lama 1 bulan ke alamat Anda.

Namun, kalau model motor tersebut adalah keluaran lama, paling lama pengiriman ke alamat Anda hanya memakan waktu satu minggu saja. Biasanya, kalau sales nakal, mereka akan menawarkan skema kredit saja dengan iming-iming diskon dan waktu pengantaran motor yang lebih cepat. Jangan iyakan. Sebab, itu hanyalah permainan mereka saja.

  1. Laporkan

Yup! Kalau mereka masih ngotot untuk melayani pembelian secara kredit saja dan menolak menjual motor secara cash pada Anda ataupun caranya dipersulit, maka langkah yang bisa Anda ambil adalah melaporkan pihak tersebut pada call center vendor motor tersebut. Untuk Yamaha, Anda bisa menghubungi 021-461800.

Selain itu, bisa juga melalui surel di [email protected] saja. Namun, pastikan laporan yang Anda lakukan lengkap semisal siapa nama sales tersebut dan bagaimana kronologi kejadiannya. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk Anda meminta nomor telepon sales tersebut atau kartu nama dan lokasi di mana dealer tersebut berada.

Jangan lupa untuk mencatat jam berapa dan tanggal berapa Anda bertemu dengan oknum tersebut. Anda tak perlu ragu. Untuk melaporkannya, Anda tak perlu bukti tertulis apapun. Anda akan mendapatkan tanggapan dalam waktu 1 minggu dan solusi terbaik untuk Anda akan diberikan.

Nah, itulah tips yang bisa Anda terapkan bila jual beli motor secara cash namun bertemu dengan oknum nakal yang mempermainkan Anda. Kalau oknum itu sudah terindikasi, laporkan langsung. Namun, sebelum melakukan pelaporan, Anda juga harus tahu standar yang ditetapkan sehingga tak salah tebak kalau sales tersebut memang nakal.

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.