Properti

Tips Jitu Memilih Rumah Sewaan Atau Kontrakan Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Salah satu pertimbangan mereka yang baru saja berkeluarga atau menikah adalah memiliki tempat tinggal. Namun, karena keterbatasan dana membuat banyak orang tidak bisa langsung membeli rumah sehingga pilihan untuk menyewa rumah atau sewa kontrakan  untuk sementara dirasa lebih tepat. Banyak orang yang melihat peluang bisnis dari sewa rumah ini, khususnya di daerah perkotaan. Bukan tanpa sebab, tingginya permintaan akan hunian memang tidak dapat dihindari dari waktu ke waktu. Untuk itulah, di kota besar seperti di Jakarta, banyak yang membuka usaha hunian sementara, mulai dari kos-kosan, kontrakan hingga rumah sewaan.

Perlu diperhatikan, saat hendak memilih rumah sewaan atau kontrakan, sebaiknya ketahui dulu beberapa hal penting sebelum akhirnya mencapai kesepakatan kontrak.

Harga Yang Ditawarkan

Mengetahui harga sewa adalah hal pertama yang harus anda ketahui terlebih dahulu. Harga sewa sebaiknya sesuai dengan harga pasaran yang berlaku di daerah tersebut. Jika kisaran harga sewa yang berlaku antara 500-700 ribu/bulan misalnya, maka carilah harga sewa dengan rentang harga sekian. Selain itu, pastikan juga harga sewa kontrakan yang dipilih sesuai dengan kemampuan finansial anda. Hal ini agar tidak memberatkan anda nantinya. Apabila pemilik kontrakan menawarkan harga yang tinggi, anda bisa melakukan negosiasi terlebih dahulu, siapa tahu dengan cara ini pemilik kontrakan bisa menurunkan harga sewanya. Namun jika tidak, anda bisa mencoba untuk mencari rumah sewaan lainnya.

Cek Kondisi Rumah

Anda tentu mengharapkan bisa tinggal di rumah yang nyaman? Untuk itu, lakukan pengecekan terhadap rumah sewaan yang ingin dipilih. Lihat bagaimana kondisinya, apakah bersih, rapi dan nyaman, berada di lokasi strategis, akses jalan mudah, luas bangunan, ruang apa saja tersedia dan fasilitas penting lainnya yang ada. Jika kondisinya cukup nyaman serta harga sewa yang ditawarkan cukup sepadan, maka anda bisa melanjutkannya ke tahap kesepakatan dan transaksi pembayaran sewa.

Perhatikan Lingkungan

Hal lainnya yang juga perlu diperhatikan saat memilih rumah kontrakan adalah lingkungan sekitar. Faktor lingkungan sangat mempengaruhi kenyamanan. Sebaiknya pilih lingkungan hunian yang kondusif, aman, bersih dan terjaga. Tinggal pada lingkungan yang bersih akan sangat membantu anda dalam menjaga kesehatan, terlebih jika misalnya anda membawa serta keluarga dan anak-anak. Pastinya, lingkungan yang nyaman dan bersih menjadi hal penting yang harus dipenuhi.

Dekat Dengan Tempat Kerja Atau Fasilitas Umum

Jika anda bekerja pada suatu tempat, maka akan sangat baik jika dapat menemukan tempat tinggal yang jaraknya dekat dengan tempat anda bekerja. Selain dapat menghemat pengeluaran, anda juga bisa hemat waktu. Perhatikan pula, apakah rumah sewaan anda dekat dengan beberapa fasilitas penting seperti misalnya tempat ibadah, sekolahan, pasar, halte dan lainnya. Akan sangat menguntungkan bagi anda sendiri, jika dapat tinggal pada lokasi yang dekat dengan banyak fasilitas umum sehingga hal ini bisa memudahkan anda nantinya dalam melakukan berbagai aktivitas.

Apabila saat ini anda sedang berniat mencari rumah sewaan, bisa mencari informasi di berbagai media seperti koran, pamflet, website, grup media sosial dan lainnya. Untuk info seputar rumah disewakan di Jakarta Pusat  atau kota lainnya, anda bisa menemukan banyak informasi di media online seperti website resmi penyewaan rumah. Namun, tetap teliti dalam memilih penyedia jasa layanan rumah kontrakan yang dilakukan secara online. Pastikan bahwa memang terpercaya dan bukan penipuan. Semoga informasi ini bermanfaat, salam!

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.