Kuliner, Tips

Tips Membuat Salad Buah agar Lebih Enak Saat Disantap

Salad merupakan salah saru makanan sehat dan mulai banyak diminati. Pada umumnya salad biasanya terbuat dari campuran buah-buahan atau sayur-sayuran segar dengan tambahan saus yang membuat semakin enak. Tak heran jika kini banyak orang yang mulai berjualan salad. Sebenarnya bagaimana sih cara membuat salad buah yang enak? Yuk simak tips berikut ini.

Gunakan Buah Musiman agar Rasanya Lebih Maksimal

Perlu untuk diketahui bahwa buah dengan rasa dan tekstur yang tumbuh secara musiman memiliki rasa yang lebih nikmat. Hal ini disebabkan karena buah tersebut dibiarkan tumbuh secara alami tanpa bantuan zat kimia. Ya buah yang tumbuh secara alami memang cenderung memiliki rasa yang lebih segar, manis, dan tentunya menyehatkan.

Gunakan Buah dengan Tingkat Kematangan yang Sama

Ternyata salad buah akan terlihat kurang menarik ketika dikombinasikan dengan buah yang memiliki tingkat kematangan yang berbeda. Mengapa? Pasalnya hal ini juga ikut berpengaruh terhadap selera makan seseorang. Tak hanya buah yang kurang matang saja. Buah yang terlalu matang juga akan merusak penampilan dan cita rasa dari salad yang Anda buat.

Gunakan Buah dengan Kombinasi Warna yang Berbeda

Ya seperti yang sudah diketahui bahwa makanan yang dibuat dengan kombinasi warna yang beragam akan membuat tampilannya semakin menarik sekaligus meningkatkan nafsu makan seseorang. Tak hanya perpaduan warnanya saja yang perlu diperhatikan. Perbedaan tekstur dari buah itu sendiri membuat semakin penasaran akan sensasi mengejutkan dari salad tersebut.

Usahakan untuk Membuang Biji dari Buah-buahan yang Digunakan

Meski ada beberapa jenis buah yang memiliki biji berukuran kecil, namun jika tidak disingkirkan hal ini dapat menyebabkan nafsu makan berkurang. Bahkan biji kecil tersebut juga akan merusak penampilan salad menjadi kurang menarik. Jadi agar rasa salad menjadi lebih lezat, luangkan waktu Anda untuk membuang biji-biji kecil tersebut.

Memotong Buah dengan Bentuk dan Ukuran yang Serupa

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar penampilan salad menjadi lebih menarik dan menggugah selera adalah memotong buah dengan bentuk dan ukuran yang sama. Tak hanya akan membuatnya lebih rapi. Hal ini juga akan memudahkan Anda ketika menyantap salad tersebut tanpa harus terganggu dengan ukuran buah yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Gunakan Perasan Jeruk Lemon untuk Menambah Kesegaran

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menambah kesegaran salad agar lebih tahan lama adalah dengan menambahkan perasan air jeruk lemon. Tak hanya itu saja, cara ini juga membantu memperlambat perubahan warna buah. Selain menambah kesegaran, perasan lemon ini juga ikut berperan untuk membuat cita rasa buah menjadi lebih keluar.

Daun Mint untuk Menambah Kesegaran

Kebanyakan orang mengetahui bahwa daun mint berfungsi untuk mempercantik penampilan makanan. Namun lain halnya dengan salad, penggunaan daun mint pada salad ini ternyata ikut memberikan sensasi segar pada hidangan yang akan disantap. Untuk itu pastikan Anda menambahkan beberapa helai daun mint untuk menambah cita rasa salad agar lebih segar.

Taburkan Salad dengan Sedikit Gula

Ada kalanya buah-buahan yang digunakan untuk salad masih mentah atau kurang matang. Hal ini tentunya akan membuat salad buatan Anda menjadi kurang enak saat disantap. Nah untuk mengurangi rasa buah yang belum matang sempurna, Anda bisa menaburkan gula pada salad yang Anda buat. Selain itu gula juga bermanfaat untuk membuat tekstur buah menjadi lembut.

Demikian beberapa tips membuat salad buah agar lebih enak dan lezat saat disantap. Meski terkesan sederhana. Namun dalam membuat salad dari buah-buahan juga ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan agar cita rasa salad tersebut menjadi lebih nikmat. Selamat mencoba.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.