Tips

Tips Mudah Menghemat Biaya Catering Prasmanan Jakarta

Banyak orang yang mengatakan, menggelar pesta pernikahan di Jakarta membutuhkan biaya yang tak sedikit. Lebih-lebih untuk biaya catering. Padahal biaya catering prasmanan di Jakarta bisa menjadi lebih hemat kalau kita memilih catering pernikahan yang tepat. 

Jadi sebenarnya, mengenai catering, soal biaya dapat diatur sesuai dengan kemampuan kita, tanpa mengurangi kualitas pesta yang kita selenggarakan. Kita bisa menyesuaikan menu yang banyak disukai tamu namun memiliki harga terjangkau, serta menekan biaya-biaya lain, sehingga biaya catering dapat terpenuhi.

Pilihan Menu Catering yang Banyak Disukai Tamu

Berikut beberapa menu yang biasanya ada di catering pernikahan dan disukai tamu, antara lain:

  • Nasi goreng, menu ini wajib ada karena menjadi makanan favorit masyarakat indonesia, selain itu semua orang pasti menyukai menu sederhana ini,

  • Sate lontong. Siapa yang tidak menyukai sate lontong? Hampir semua orang menyukai menu yang satu ini. Jika Anda memiliki budget terbatas, Anda dapat memilih sate ayam. Biasanya, sate ayam di banderol lebih murah dibandingkan dengan sate sapi atau kambing,

  • Sup ayam. Biasanya, sup ayam menjadi hidangan pembuka, dan membuat tamu seperti makan di rumah sendiri,

  • Ayam goreng. Selain sate ayam, Anda bisa menambahkan ayam goreng ke dalam menu Anda. Entah ayam goreng biasa atau ayam goreng tepung, yang jelas menu ini harus Anda tambahkan, lebih-lebih menu ini tidak sulit ditemukan di catering prasmanan Jakarta,

  • Ikan asam manis. Seafood biasanya juga menjadi olahan favorit tamu undangan. Ada begitu banyak pilihan seafood, salah satunya ikan. Pilih ikan yang memiliki harga murah seperti ikan bandeng, bawal, lele hingga kakap. Hindari memilih ikan dengan harga mahal seperti gurame.

  • Gorengan. Deretan gorengan juga tak boleh ketinggalan. Untuk menu gorengan, agar terlihat mewah namun harga murah, Anda bisa memilih menu gorengan seperti rolade tahu sosis, tema goreng, tahu goreng, nugget dan udang,

  • Buah-buahan. Menu pencuci mulut tidak boleh ketinggalan. Pilih menu yang sehat dan praktis seperti buah-buahan. Untuk isi buah-buahan, pihak catering biasanya menawarkan menu seperti nanas, semangka, melon dan jeruk. 

Setelah memilih apa saja menu yang cocok untuk acara resepsi pernikahan Anda, berikut beberapa tips untuk menghemat biaya catering, antara lain:

  1. Pastikan kembali jumlah tamu undangan 

Sebelum memesan catering, usahakan Anda memastikan terlebih dahulu berapa jumlah tamu yang datang nantinya. Prioritaskan keluarga, kerabat dan sahabat Anda. Setelah itu dilanjutkan dengan teman-teman. Jika Anda sudah memperoleh jumlah pasti, tinggal mengkalikan dua. 

 

  1. Hindari mengundang tamu secara online

Meskipun terkesan praktis, namun lebih baik hindari mengundang tamu secara online, karena Anda menjadi sulit menghitung jumlah tamu secara pasti. Dampaknya, makanan yang dihidangkan bisa saja kurang, bisa saja kelebihan karena begitu banyaknya porsi untuk berjaga-jaga. 

 

  1. Kurangi menu yang tidak perlu

Sebetulnya, Anda dapat mengurangi menu-menu yang tidak perlu atau menu yang jarang habis di catering pernikahan seperti menu nasi putih. Biasanya, tamu undangan lebih ingin mencicipi menu nasi goreng, sop, bakso dibandingkan dengan nasi putih.

Nah, dengan pilihan menu dan berbagai tips di atas, seharusnya sudah dapat menghemat biaya catering pernikahan Anda menjadi lebih hemat. Dalam catering prasmanan Jakarta, sebenarnya yang paling penting bukanlah bahan dasar menu, namun cara pemasakan menu agar terlihat menjadi lebih spesial. Contohnya menu tempe dibuat menjadi steak yang memiliki citarasa lezat, atau bahan dasar lain. Semoga berbagai tips di atas dapat membantu Anda.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.