Lifestyle

Untuk Pecinta Sepeda, Ini Dia Fungsi dan Jenis-Jenis Lampu yang Ada di Sepeda!

Setiap kendaraan baik beroda dua maupun empat selalu dilengkapi dengan lampu karena lampu adalah fitur keamanan yang vital dalam berkendara. Mobil dan motor baru yang kamu beli biasanya sudah dilengkapi dengan lampu. Hal ini berbeda ketika kamu membeli sebuah sepeda. kamu harus membeli lampu sepeda sendiri agar bisa bersepeda dengan aman dan nyaman.

Ketika berkendara keselamatan adalah hal yang sangat penting dan harus diperhatikan. Tidak lengkapnya fitur keselamatan kendaraan menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan. Penelitian menunjukan bahwa penggunaan lampu sepeda seperti penggunaan lampu flash atau lampu strobo membuat kamu tampak 24 kali lebih jelas daripada mereka yang tidak memakai lampu sama sekali.

Fungsi lampu pada sebuah sepeda

Pengendara kendaraan bermotor biasanya menyadari pentingnya fungsi lampu kendaraan bermotor. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya kendaraan bermotor yang menyalakan lampu DRL (Daylight Running Lamp). Di lain sisi masih sedikit sekali pengendara sepeda yang melengkapi sepedanya dengan lampu sepeda.

Padahal, lampu pada sebuah sepeda memiliki fungsi yang sama seperti lampu pada kendaraan bermotor. Setiap pengendara sepeda harus menyadari bahwa alat penerangan sepeda sangatlah penting. Berikut adalah fungsi lampu pada sebuah sepeda yang harus kamu ketahui:

 

  1. Agar kamu bisa terlihat

sumber : pinterest.com

Reflektor dari helmet, sepeda dan pakaian yang kamu pakai memang bisa membuat kamu bisa terlihat oleh pengguna jalan lain. Tetapi hal ini tidak cukup apalagi ketika malam hari. Itulah sebabnya kenapa kamu memerlukan alat penerangan tambahan.

2.Agar bisa melihat

sumber : pinterest.com

Mungkin kamu tidak akan kesulitan melihat jalan ketika bersepeda di siang hari karena ada banyak sinar matahari. Hal ini berbeda ketika kamu berkendara di malam hari dimana suasananya sangat gelap. Itulah kenapa kamu memerlukan sebuah lampu penerangan yang cukup di sepeda yang kamu kendarai.

Jenis – jenis lampu untuk sepeda

Siapa saja bisa membeli lampu untuk sepeda karena lampu seperti ini dijual bebas di pasaran. Lampu untuk sepeda dijual dengan bentuk dan harga yang sangat beragam. Dalam hal ini kamu harus membeli lampu yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa jenis lampu sepeda yang harus diketahui:

  1. Lampu Pijar atau lampu halogen

Ketika dialiri listrik, filamen lampu halogen menjadi panas dan menghasilkan cahaya. Lampu seperti ini sudah jarang dipakai karena harganya lumayan mahal dan jumlah cahaya yang dihasilkan kurang maksimal. Meski dengan baterai yang bagus, lampu pijar hanya bisa bertahan selama 8 jam saja.

  1. High Density Discharge (HID)

Sering disebut dengan lampu xenon, lampu ini menghasilkan cahaya terang ketika gas xenon didalamnya dialiri listrik. Cahaya lampu xenon berwarna putih dan lebih terang dari lampu Halogen. Meskipun harga lampu HID lebih mahal, lampu ini lebih awet dari lampu Halogen.

  1. Light Emitting Diode (LED)

sumber : pinterest.com

Lampu LED saat ini sedang populer di masyarakat karena memancarkan sinar yang lebih terang dari lampu HID. Sinar lampu LED terpancar dari semi konduktor yang tahan terhadap guncangan sehingga membuat lampu ini lebih awet dari lampu jenis lainnya. Lampu LED bisa bertahan sampai 15.000 jam.

Untuk alasan keamanan, sepeda harus dilengkapi dengan sebuah lampu yang bisa memberi penerangan yang cukup. Lampu penerangan ini sangat bermanfaat agar pengendaria bisa melihat jalan khususnya di malam hari. Dengan lampu yang terang pengendara sepeda juga bisa dilihat oleh pengguna jalan lain sehingga keselamatan lebih terjaga.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.